Zona Berita

Stadion Jakabaring Akan Ditutup hingga Asian Games 2018 Dimulai

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan dan jajaran personel Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat mulai memperbaiki kerusakan di dua tribun penonton di arena Asian Games 2018, Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang. Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumatera Selatan Ahmad Yusuf Wibowo mengatakan perbaikan harus selesai pada awal Agustus nanti sebelum venue sepak bola wanita itu disterilkan panitia penyelenggara.

“Hari ini mulai dibenahi oleh pihak Zidam ISI/Sriwijaya,” katanya, Senin, 23 Juli 2018.

Sebanyak 335 kursi di tribun utara dan selatan Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring mengalami rusak berat. Kerusakan tersebut diakibatkan dua kelompok suporter Sriwijaya FC pada Sabtu petang seusai Sriwijaya FC dikalahkan Arema 0-3.

Dari keterangan Rusli Nawi, pengawas dari PT Jakabaring Sports City (PT JSC), tindak anarkistis tersebut di tribun utara dilakukan kelompok Singa Mania, sementara di tribun selatan oleh kelompok Sriwijaya Mania.

Direktur Jakabaring Sport City Bambang Supriyanto menargetkan semua kursi stadion, yang merupakan fasilitas Asian Games, sudah rapi kembali sebelum 31 Juli. Kerusakan tersebut sangat disayangkan mengingatkan hal ini akan menambah beban pekerjaan panitia serta menghamburkan uang negara. Pengelola berharap pelaku dapat dihukum berat sebagai efek jera.

“Kami menargetkan sebelum 31 Juli semua sudah selesai,” ujarnya.

Wakil Direktur Venue Panitia Penyelenggara Asian Games (Inasgoc) Badaruddin Ahmad akan menyurati PT JSC untuk menghentikan semua kegiatan di luar persiapan Asian Games, termasuk pertandingan sepak bola. Lock down, kata dia, akan dilakukan untuk seluruh kegiatan, termasuk pertandingan yang akan menggunakan venue di JSC.

Hal itu dilakukan untuk mengurangi risiko serupa karena akan berdampak pada kesiapan penyelenggaraan Asian Games 2018. “Surat dilayangkan agar ini di-lock down dulu,” ucapnya. (tempo)

Categories: Zona Berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s