Zona Berita

Jokowi Mengalirkan Listrik Hingga Ke Timur

ZONADAMAI, Jakarta – Di bawah pemerintahan Presiden Jokowi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan memprioritaskan penyaluran listrik di wilayah Indonesia Timur agar terjadi pemerataan pembangunan.

Untuk tahun 2016 saja sekitar 2.519 desa yang diupayakan mendapat aliran listrik.

Program listrik desa tersebut dilaksanakan secara bertahap, dengan sasaran wilayah Indonesia bagian timur yaitu provinsi Papua dan provinsi Maluku, yang selama ini masih belum menikmati listrik.

Peningkatan pasokan listrik bagi masyarakat diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan serta mendorong pertumbuhan ekonomi daerah. Hal ini adalah salah satu bentuk realisasi program energi berkeadilan.

Kementerian ESDM mencatat, pada tahun 2015, rasio elektrifikasi di Indonesia  mencapai 87,4 persen. Sedangkan pada tahun 2017 telah mencapai 94,83 persen.

Dalam upayanya untuk meratakan pembangunan, Pemerintah melalui Program Indonesia Terang (PIT) menargetkan untuk mengaliri lebih dari 10.000 desa, yang sebagian besar terletak di Indonesia bagian timur, dengan listrik pada tahun 2019. (RN/MCF)

Categories: Zona Berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s