Zona Berita

Polisi Yakin Tak Ada Kecelakaan di Area Lokasi Asian Games

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri Brigjen Mohammad Iqbal mengatakan pihaknya berusaha mencegah terjadinya kecelakaan di akses menuju lokasi pertandingan saat Asian Games 2018 mulai berlangsung. Dia mengklaim telah melakukan pemetaan akses-akses yang berpotensi terjadi kecelakaan.

“Sejumlah jalur ya, jalan yang dilalui sudah kami mapping dan yakinkan tidak ada kecelakaan, agar kita bisa menampilkan secara maksimal tamu-tamu negara lain,” kata Iqbal di Hotel Amaroosa, Jakarta, Kamis (19/7).

Demi merealisasikan hal tersebut, tutur Iqbal, Polri menyusun rencana strategis. Selain itu, akan disiapkan pula 20 ribu personel gabungan TNI dan Polri.

Iqbal juga mengklaim telah membuat rencana simulasi rekayasa lalu lintas di akses lokasi pertandingan-wisma atlet.

“Kami sudah lakukan itu semua,” ujar Iqbal.

Tak ketinggalan, Iqbal mengatakan pihaknya telah membuat strategi keamanan agar Asian Games 2018 berjalan lancar. Salah satunya dengan menempatkan personel di lokasi pertandingan serta wisma atlet dari berbagai negara.

Meski demikian, dia menekankan bahwa pengamanan tidak berlebihan dan tidak sampai menarik perhatian. Tidak pula menempatkan penembak jitu atau sniper.

“Proses pengamanan ini juga sudah kami mulai satu tahun yang lalu. Ada prosesnya, yaitu cipta kondisi aman,” imbuh Iqbal.

Sebelumnya, Iqbal juga menghimbau masyarakat agar tidak melakukan demonstrasi di kawasan penyelenggaraan Asian Games 2018. Dia merujuk kepada pengemudi ojek online yang berencana melakukan aksi protes di sekitar Gelora Bung Karno serta Gelora Jaka Baring, Palembang.

Menurut Iqbal, alangkah lebih baik jika kelompok masyarakat turut menyukseskan Asian Games, misalnya dengan mengutamakan dialog daripada demonstrasi di lokasi gelaran bersejarah ini.

“Ini adalah perhelatan akbar, membawa nama baik bangsa dan negara, sehingga saya menghimbau seluruh elemen masyarakat jangan mengedepankan emosional demi kepentingan komunitas atau pribadinya,” ujar Iqbal. (cnnindonesia)

Categories: Zona Berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s