Zona Ekonomi

Hati-Hati Dengan Perang Dagang AS-China

ZONADAMAI.COM – Kementerian Perdagangan (Kemendag) menyatakan ada sejumlah hal yang harus diwaspadai dari perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan China.

Dirjen Perundingan Perdagangan Luar Negeri Kemendag, Iman Pambagyo menyatakan, salah satunya kemungkinan produk China yang diekspor ke AS beralih ke Indonesia untuk mengubah kemasan. Kemudian produk tersebut kembali dijual ke AS.

“Lalu hati-hati juga, untuk hindari tarif tinggi di AS. Ada potensi sirkumvasi, produk dari China belok sebentar ke Indonesia, diganti packanging, diganti cat, kemudian dijual ke AS,” ujar dia ketika ditemui, di Kementerian Perdagangan, Jakarta, Jumat (20/7/2018).

“Itu terkait disiplin WTO. Kalau kita impor sesuatu dari negara lain yang dikenakan anti dumping, lalu ganti bungkusnya dikirim ke negara yang penerapkan anti dumping, kita yang kena. Yang kita lakukan tidak benar,” tambah dia.

Selain itu, produk China yang dikenai tarif tinggi oleh AS tentu akan mencari pasar lain, termasuk Indonesia. Hal ini pun harus diwaspadai.

“Yang harus diperhatikan itu trade diversion. Karena tidak bisa dijual ke AS produk China akan cari pasar lain, begitu juga sebaliknya. Termasuk ke Indonesia tapi juga  negara-negara lain, kaya air saja, cari jalan untuk terus turun,” kata Iman.

Iman menjelaskan, perang dagang AS-China akan berdampak  kecil pada Indonesia. Sebab, porsi Indonesia ke kedua negara untuk produk yang dikenakan kenaikan tarif masih kecil.

“China naikkan berapa post tarif beberapa produk dari AS, kita lihat kontribusi kita terhadp produk AS yang diekspor ke cina dan dikenai tarif tinggi itu berapa besar, ternyata 0,0 persen. Sebaliknya juga dari AS ke China, ada inputnya dari Indonesia apa, 0,0 persen juga. Jadi kita lihat dampaknya secara langsung sangat minimal,” ujar dia. (liputan6)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s