Zona Berita

Siaga Merah Jelang Asian Games

ilustrasi

ZONADAMAI.COM – Jelang penyelenggaraan Asian Games 2018, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan menetapkan status Siaga Merah, yang berlaku sejak 25 Juli hingga 5 Agustus 2018, guna meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Kepala Satuan Tugas Karhutla Sumsel, Kolonel Inf Imam Budiman mengatakan, upaya tersebut untuk memastikan ajang Asian Games bebas dari bencana kabut asap, mengingat bulan Agustus diperkirakan puncak musim kemarau.

“Kami akan membuka posko Karhutla selama 24 jam mulai 18 Juli 2018. Jadi semua sumber daya, sarana, dan prasarana akan dimaksimalkan di periode ini. Rencananya kami akan menyiapkan 60 tim yang terdiri dari personel gabungan untuk melakukan operasi darat dan operasi udara,” kata Iman.

Ia mengatakan, tim personel TNI-AD, Manggala Agni dan BNPB akan berpatroli rutin mengelilingi desa-desa yang dianggap rawan selama masa penetapan siaga merah.

Sejauh ini, Satgas Karhutla telah memetakan sebanyak 56 desa yang tersebar di lima kecamatan yakni Ogan Ilir, Ogan Komering Ilir, Musi Banyuasin, Banyuasin, dan Musi Rawas sebagai kawasan yang rawan terbakar.

Puluhan desa tersebut harus dipastikan tidak mengalami Karhutla, karena jika terbakar asapnya diperkirakan akan sampai ke Kota Palembang. Tentu hal tersebut akan merepotkan Asian Games yang berlangsung.

“Nanti tim akan berputar mengelilingi lokasi yang ditentukan, semisal hingga luas wilayah dua kecamatan. Setidaknya area yang dicover mencapai 200 km. Mereka ini akan melakukan sosialisasi ke masyarakat, mengikuti kegiatan masyarakat, hingga benar-benar tidur di hutan sehingga tahu persis,” ujar Imam

Asian Games akan berlangsung di Palembang, pada 18 Agustus-2 September 2018, ajang akbar multicabang olahraga 45 negara Asia. (tirto)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s