Zona Berita

Tinjau Persiapan Asian Games 2018, Jokowi Minta Antisipasi Kebakaran Hutan

Presiden Joko Widodo memastikan persiapan Asian Games 2018 Jakarta-Palembang akan selesai dalam dua pekan ini. Hal itu dia ungkapkan usai meninjau dan meresmikan lima venue olahraga di Komplek Jakabaring Sport City (JSC), Palembang, Sabtu 14 Juli 2018.

Didampingi Menpora Imam Nahrawi, Menteri PUPR Basuki Hadimulyono, Menteri Perhubungan Budi Karya, Menaker Hanif Dhakiri, serta Kapolri Tito Karnavian, Jokowi menilai bahwa secara fisik pembangunan infrastruktur komplek olahraga JSC sudah selesai. Hanya beberapa pekerjaan penataan lingkungan saja yang belum rampung. Tapi dirinya meyakini dalam satu-dua pekan ini semua akan selesai.

“Secara fisik pembangunan infrastruktur kompleks JSC sudah selesai. Yang belum hanya kecil-kecil, saya targetkan satu atau dua minggu selesai. Saya sampaikan bahwa Indonesia sudah siap menyambut gelaran Asian Games 2018,” ungkap dia melalui rilis Panitia Penyelenggara Asian Games 2018.

Presiden mengawali kunjungan dengan meninjau Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring. Lalu berlanjut ke bowling center JSC, wisma atlet (Rusunawa), arena shooting range, lapangan voli pantai, stadion skate board, dan terakhir ke lintasan dayung. Selain meninjau, dalam kesempatan itu, Jokowi juga turut meresmikan lima venue olahraga tersebut.

Dalam pemaparannya, Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin yang bertanggung jawab atas persiapan Asian Games di Palembang mengatakan bahwa di JSC ini ada beberapa venue yang menurutnya menjadi salah satu yang terbaik di Asia bahkan dunia. Misalnya venue bowling dan dayung. Venue Bowling diklaimnya menjadi yang terbaik di Asia karena memiliki jumlah lane terbanyak dengan 40 lane dan didukung oleh peralatan canggih. Lalu venue dayung memiliki standar dunia dari segi luas.

“Standar dunia lebarnya 200 meter dan panjang 2.200 meter, sementara venue di Jakabaring lebarnya 400-500 meter dengan panjang 2.400 meter,” tukas Alex.

Pantau kondisi udara

Dalam kesempatan itu, Jokowi berpesan agar panitia pelaksana pertandingan Asian Games 2018 di Palembang untuk memantau terus kondisi kualitas udara di sana selama pertandingan nanti. Dia meminta agar Panpel juga membuat antisipasi khusus terhadap dampak gangguan asap jika terjadi kebakaran hutan. Hingga nantinya tidak akan mengganggu jalannya pertandingan ataupun kesehatan dari para atlet tamu. Mengingat bulan Agustus, di Palembang sudah mulai masuk musim kemarau dan biasanya rentan akan kebakaran hutan.

Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan, Kementerian Lingkungan Hidup, MR Karliansyah mengatakan jika kualitas udara di Palembang saat pihaknya melakukan pengecekan pada masa cuti Lebaran kemarin, tercatatan rata-rata konsentrasi kualitas udara ambien untuk PM (particular matter) 2,5 di kota adalah 16,2 mikrogram/m3. Hingga artinya, tingkat udara Palembang sementara ini jauh lebih baik dibandingkan di Jakarta.

Untuk Jakarta, sendiri selama bulan Juli tingkat konsentrasi udara dengan ambien yang sama adalah 48,7 mikrogram/m3 untuk siang hari dan lebih tinggi untuk malam hari dengan 61 mikrogram/m3. Jumlah tersebut masih jauh di atas standar WHO yang 25 mikrogram/m3 untuk kawasan perkotaan.

Categories: Zona Berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s