Zona Berita

Bonus untuk Atlet Asian Games Tertinggi Sepanjang Sejarah

Pemerintah Indonesia menjanjikan akan memberikan banyak bonus bagi atletnya yang meraih medali emas pada ajang Asian Games 2018 yang akan segera digelar di Jakarta dan Palembang pada Agustus mendatang.

“Apresiasi pemerintah akan sangat tinggi di Asian Games ini, akan lebih tinggi sepanjang sejarah,” kata Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi di Jakabaring Sport City (JSC), Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), Sabtu (14/7).

Pasalnya, lanjut Imam, pemerintah akan memberikan satu unit rumah, uang pembinaan sejumlah Rp 1,5 milyar, hingga bisa diterima menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) bagi atlet yang meraih medali emas. “Pemerintah beri bonus uang, medali emas ditambah rumah lalu semua atlet tersebut diangkat menjadi PNS,” ungkapnya.

Menpora hadir mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang melakukan kunjungan kerja di Palembang. Pada hari kedua kunjungan kerja tersebut, Presiden mengunjungi seluruh venue di kawasan JSC dan meresmikan lima venue.

Imam menambahkan, pemerintah menargetkan para atlet Indonesia bisa meraih medali emas dari beberapa cabor, seperti dayung, bowling, dan skateboard. Untuk perolehan medali, Indonesia menargetkan minimal berada di 10 besar.

Target itu lebih tinggi dibandingkan dengan prestasi Indonesia pada Asian Games sebelumnya. Pada Asian Games lalu, Indonesia berada pada peringkat 17. “Hampir di semua cabor menjadi unggulan memperoleh medali,” ungkap Imam.

Presiden Jokowi pun sempat menyampaikan target yang harus diraih oleh kontingen Indonesia di Asian Games yang segera digelar. Dia menyampaikannya saat membuka tournamen lomba perahu naga Piala Presiden di venue danau Jakabaring.

Sebelum membuka lomba, Jokowi sempat ikut mendayung bersama tim Indonesia. Presiden yang didampingi sejumlah menteri Kabinet Kerja, mengingatkan bahwa Asian Games menjadi momen sejarah bagi Indonesia.

Menurut Jokowi, seluruh fasilitas untuk menggelar ajang akbar olahraga di Asia ini hampir seluruhnya rampung. Seluruh venue baik yang ada di Jakarta dan Palembang sudah mencapai 99%. “Seluruh venue sudah siap, dan atlet hendaknya juga memperlihatkan prestasi terbaiknya,” ujar Jokowi.

Kunjungan hari kedua Presiden Jokowi di Palembang ini dihabiskan di Kawasan JSC. Kunjungan awal dimulai dari Stadion Gelora Sriwijaya dan dilanjutkan dengan beberapa venue, termasuk rusunami dan rusunawa.

Menteri Olahraga Malaysia, Syed Siddig, hadir saat Jokowi dan jajarannya mengunjungi venue. Jokowi didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Pakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karyana Sumadi, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, dan Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar. Kunker inipun didampingi oleh Gubernur Sumsel, Alex Noerdin dan Wali Kota Palembang, Harnojoyo.

Categories: Zona Berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s