Zona Berita

Pawai Obor Asian Games 2018 di Bandung Akan Dimeriahkan Para Legenda

Pemerintah Kota Bandung menjanjikan karnaval meriah dalam menyambut pawai obor Asian Games 2018 yang akan melintas di Kota Bandung, 11 Agustus mendatang. Sejumlah legenda olahraga Kota Bandung disiapkan untuk mengisi peran pembawa obor.

“Bandung mendapatkan kehormatan akan dilewati obor Asian Games, sehingga karena ini acara langka, karena tahun terakhir kan tahun 1960an, ya, kami ingin membuat karnaval lah. Tetapi itu harus diizinkan  terlebih dahulu oleh pihak panitia pusat,” ujar Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, di Pendopo Kota Bandung, Jumat, 13 Juli 2018.

Dari informasi rute sementara yang akan dilewati, obor Asian Games 2018 akan memasuki Kota Bandung dari Tol Pasteur. Mulai dari Pasteur, kata Ridwan, api obor akan dikawal sejumlah kendaraan untuk diarak ke sejumlah rute menuju Pendopo Kota Bandung.

Sebagai penanda khas Kota Bandung, disiapkan iring-iringan bus wisata Bandung Tour on Bus (Bandros). Ridwan meyakini warna-warni bus wisata Kota Bandung itu akan menambah semangat warga kota untuk menyambut pawai obor Asian Games 2018 di sepanjang jalan.

Dalam rencana pawai obor di Kota Bandung, Ridwan akan meminta kepada panitia pusat untuk mengarak pembawa obor dengan berjalan kaki, alih-alih berlari. Ia ingin pawai obor dibuntuti rangkaian penampilan seni dan budaya dari sejumlah komunitas, hingga kendaraan hias.

“Kami mengusulkan perjalanannya jangan lari, tapi jalan kaki, sehingga kalau jalan kaki nanti di belakang obor kami siapkan seperti Peringatan Konferensi Asia Afrika. Ada pasukan drum band, ada pasukan kavaleri, paskibra ikut. Jadi rame dengan lain-lain,” katanya.

Ridwan berharap rencana mengarak pawai obor dengan tempo jalan kaki itu dapat memberikan efek karnaval yang bisa dinikmati masyarakat Kota Bandung. Pemerintah Kota Bandung juga akan menyiapkan 5 titik mural yang akan dipasang untuk memeriahkan suasana Asian Games di Kota Bandung.

“Mudah-mudahan dengan keramaian karnaval ini bisa membuat suasana Asian Games menjadi heboh dan diminati masyarakat terutama Kota Bandung,” ujarnya.

Dari Pendopo Kota Bandung, pawai obor diarak menuju Gedung Sate, dengan perkiraan jarak rute 4-5 kilometer. Obor itu akan diserahkan kepada Penjabat Gubernur Jawa Barat M Iriawan.

“Nah, nanti disambut oleh Pj Gubernur Pak Iriawan. Saya sendiri mungkin ikut lari di etape terakhir sebelum masuk ke Gedung Sate, nanti menyerahkan ke Pak Iriawan. Nanti Pak Iriawan menerima dan  mungkin ikut berlari keesokan harinya untuk melepas ke Garut,” katanya.

Pasukan utama pembawa obor di Kota Bandung akan diisi 5 orang. Pembawa obor itu terdiri dari pimpinan dan para legenda olahraga. Sejauh ini, legenda yang telah dihubungi dan menyatakan kesiapannya yakni mantan pemain dan pelatih Persib Djajang Nurdjaman serta mantan pebulu tangkis legendaris dunia asal Bandung, Ricky Subagja.

“Juara-juara dunia dulu lah. Didahulukan yang warga Bandung,” kata Ridwan.

Untuk fasilitas olahraga, Pemkot Bandung menyediakan Gelora Bandung Lautan Api untuk sarana latihan para atlet. “Jadi memang venue-nya bukan di GBLA, kemungkinan di Jalak Harupat. Jadi GBLA kami siapkan untuk latihan-latihan jika dibutuhkan oleh tim sepak bola,” ujarnya.

Categories: Zona Berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s