Zona Berita

Jelang Asian Games, PKL Ditertibkan

Stadion Gelora Bung Karno

Pemerintah Kabupaten Bogor membongkar ratusan lapak Pedagang Kaki Lima di sekitar Stadion Pakansari jelang Asian Games 2018. Pemerintah juga terus memperbaiki fasilitas jalan menuju venue Paralayang di Kawasan Puncak Kecamatan Cisarua.

Pembongkaran tersebut dilakukan setelah Bupati Bogor Nurhayanti menggelar inspeksi mendadak akhir pekan lalu. “Yang terdata di sana lebih dari 100 PKL. Lapak mereka kebanyakan meja-meja dan gubuk,” kata Kepala Bidang Penindakan Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Bogor Ruslan, Senin 9 Juli 2018.

Ruslan mengatakan, para PKL memadati dua jalur jalan raya di sekeliling stadion terutama pada malam hari dan akhir pekan. Keberadaan para PKL dianggap menimbulkan suasana semrawut dan terkesan kumuh serta menambah jumlah sampah yang berserakan.

Setelah melakukan pembongkaran lapak, Ruslan juga melarang para pedagang kembali beroperasi di sana. Larangan itu juga tertulis dalam spanduk yang dipasang petugas di sejumlah lokasi seperti di dekat tulisan Stadion Pakansari dan pagar pagar stadion.

Setelah melakukan peninjauan beberapa waktu lalu, Bupati Bogor Nurhayanti merasa aspek kebersihan dan ketertiban kawasan Stadion Pakansari perlu ditingkatkan. “Kita kan akan kedatangan tamu dari luar, kita harus menjadi tuan rumah yang baik,” katanya saat ditemui di Markas Komando Resort Militer 061/Suryakencana beberapa waktu lalu.

Untuk perhelatan Asian Games 2018, Pemerintah Kabupaten Bogor diminta menyiapkan dua venue untuk cabang olahraga sepakbola dan paralayang. Pertandingan sepakbola yang digelar di Stadion Pakansari menurut Nurhayanti hanya untuk tahap penyisihan grup C.

Persiapan 90 Persen

Bupati menyebutkan persiapan kedua venue tersebut mencapai 90 persen. Ia mengakui jajarannya masih membenahi akses jalan menuju venue Paralayang di bukit gantole Kecamatan Cisarua yang sempat rusak akibat terkena longsor beberapa waktu lalu.

“Nanti akan saya tinjau lagi perbaikannya sudah sampai mana,” kata Nurhayanti menegaskan. Sementara perbaikan di kawasan Stadion Pakansari menurut dia lebih ke fasilitas pendukung seperti toilet dan drainase yang sering mampet sehingga menyebabkan banjir saat hujan lebat.

Sementara itu, Panglima Komando Daerah Militer III/Siliwangi Mayor Jenderal Besar Harto Karyawan memastikan pengamanan venue saat pelaksanaan Asian Games 2018 di wilayah Jawa Barat. Ia menyebutkan jumlah prajurit tentara yang diturunkan hingga 2.000 personel.

Mereka ditugaskan membantu kepolisian untuk mengamankan venue-venue yang tersebar wilayah di Jawa Barat. “Kita sudah melakukan latihan pengamanan Asian Games untuk mengantisipasi gangguan dari orang-orang yang ingin mengganggu kelancaran kegiatan ini,” katanya

Categories: Zona Berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s