Zona Berita

KBRI Promosikan Asian Games di Yordania

Dubes RI untuk Yordania dan Palestina, Andy Rachmianto (kanan) bersama Sekjen Jordan Olympic Committee, Nasser Majali dalam Asian Games 2018 Fun Run: Road to Jakarta and Palembang, pada 7 Juli 2018, di King Hussein Park, Yordania. ( Dok. KBRI Amman)

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Amman mengkampanyekan Asian Games 2018 kepada masyarakat Yordania. Bekerja sama dengan Jordan Olympic Committee (JOC), KBRI Amman menggelar kampanye promosi Asian Games 2018. Menurut Duta Besar RI untuk Yordania dan Palestina, Andy Rachmianto, ajang tersebut sekaligus digunakan untuk meraup dukungan bagi para atlet Yordania yang akan bertanding ke Indonesia.

“Dalam rangka menciptakan ‘demam’ Asian Games 2018, selama beberapa bulan terakhir, KBRI Amman dan Jordan Olympic Committee (JOC) secara aktif telah lakukan kampanye promosi Asian Games 2018 kepada masyarakat Yordania, sekaligus sebagai dukungan bagi para atletnya yang akan bertanding di Indonesia,” tulis KBRI Amman dalam rilis yang diterima CNNIndonesia.com, Minggu (8/7).

Yordania sebagai salah satu dari 14 negara Timur Tengah akan berpartisipasi pada Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus-2 September 2018. Negara yang dipimpin oleh Raja Abdullah II bin Hussein ini, akan mengirim delegasinya dengan kekuatan 100 anggota, termasuk atlet, tim pendukung dan awak media.

Keberangkatan Delegasi Yordania ke Indonesia rencananya akan dimpimpin langsung oleh Presiden JOC, yaitu Pangeran Faisal bin Hussein (adik kandung Raja Abdullah II). Yordania akan berpartisipasi pada 13 cabang olah raga pada Asian Games ke-18 tersebut.

Duta Besar RI untuk Kerajaan Yordania dan Negara Palestina, Andy Rachmianto, dan Sekjen JOC, Nasser Majali, telah membentuk komitmen bersama untuk mempromosikan Asian Games 2018 di Yordania.

Acara puncaknya adalah penyelenggaraan Asian Games 2018 Fun Run: Road to Jakarta and Palembang, 7 Juli 2018, di King Hussein Park, sebuah taman rekreasi dan olah raga terbesar di Yordania.

Acara dibuka oleh Pangeran Faisal didampingi Menteri Pemuda dan Olah Raga Yordania, Makram Al Qaisi, serta dihadiri oleh sekitar 1000 pengunjung dan dimeriahkan dengan berbagai kegiatan yang sekaligus memperingati “Hari Olimpiade”.

Kegiatan utama yang diikuti oleh mayoritas peserta adalah fun run dengan jarak dua kilometer. Selain itu, acara promosi Asian Games ini juga diramaikan dengan bazaar, permainan, dan acara hiburan lainnya. Dubes Andy bersama para diaspora Indonesia turut berpartisipasi pada fun run dan berbaur bersama masyarakat Yordania serta para ekspatriat lainnya.

Pada kesempatan itu, Dubes Andy berkesempatan menjelaskan perkembangan persiapan Asian Games 2018, baik di Jakarta maupun Palembang. Mulai dari persiapan pembangunan infrastruktur sampai dengan jenis kuliner yang dapat dicicipi selama di Indonesia. Di samping Asian Games, KBRI Amman juga menyelipkan promosi berbagai obyek wisata di Indonesia, khususnya destinasi-destinasi baru seperti 10 New Bali.

Para pengunjung juga berkesempatan mencoba berbagai produk Indonesia yang menjadi sponsor acara Road to Jakarta and Palembang ini. Mulai dari makanan ringan, mie instan, sampai dengan produk kopi instan Indonesia.

Selain itu, mereka juga dihibur dengan penampilan tarian Ondel-Ondel Betawi yang dibawakan oleh wakil diaspora Indonesia. Tak ketinggalan pula Dubes RI beserta Staf KBRI Amman juga menari “Goyang Maumere” dan “Goyang Dumang” sebagai upaya people-to-people contact guna mempererat hubungan antara kedua negara sahabat. (cnnindonesia)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s