Zona Berita

Ada Asian Games 2018, Sektor Ritel Diprediksi Tumbuh 10% di Kuartal III-2018

Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) memproyeksikan pertumbuhan ritel di kuartal III-2018 ini bisa lebih tinggi dibandingkan tahun lalu.Diperkirkan pertumbuhan ritel pada kuartal III-2018 berada dikisaran 9-10 %.

Ketua Umum Aprindo Roy Mandey mengatakan, angka tersebut tumbuh hampir dua kali lipat jika dibandingkan tahun lalu. Pada tahun lalu, pertumbuhan sektor ritel hanya berada dikisaran 4-5% saja.

“Saya fikir kuartal ketiga tetap akan lebih baik dari tahun lalu. Iya jadi pertumbuhan kita ambil contoh saja tahun lalu itu kita bertumbuh sekitar plus minus 1% dari inflasi jadi sekitar 5 setengah % . Tahun ini kita harapkan bisa menjadi 9 sampai 10%,” ujarnya

Roy menambahkan optimisme tersebut bukannya tanpa alasan. Sebab pada kuartal III-2018 ini ada beberapa event besar penting yang bisa mendongkrak konsumsi seperti Asian Games 2018.

Seperti diektahui, Indonesia akan menjadi tuan rumah event olahraga antar negara Asia yakni Asian Games 2018. Event yang akan dimulai pada 18 Agustus 2018 ini akan berlangsung di Jakarta dan Palembang.

“Yes. (Konsumsi akan terdongkrak ada event Asian Games 2018,” ucapnya singkat.

Selain itu lanjut Roy, menurutnya pada tahun ini sektor ritel sedang dalam tren meningkat setelah mengalami keterpurukan dalam 3 tahun belakangan. Pada kuartal II sebelumnya misalnya, pertumbuhan sektor ritel hampir dua kali lipat dari biasanya.

Bahkan khusus periode puasa dan lebaran tahun ini, pertumbuhan sektor ritel berada ditangan 15 hingga 18%. Sebelumnya pada tahun lalu, pertumbuhan sektor ritel hanya berada ditangan 5% saja.

“Ternyata itu sesuatu yang cukup kita catat sebagai suatu perolehan yang luar biasa karena sudah tiga tahun terakhir ini kita dibawah 10% dibawah Double digit,” jelasnya

Menurut Roy, pertumbuhan ritel di periode. Lebaran dan puasa dikarenakan beberapa stimulus yang dilakukan pemerintah. Seperti pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) kepada para Pegawai Negeri Sipil (PNS), Polri dan TNI.

Seperti diketahui pemberian THR kepada PNS, Polri, TNI pada tahun ini jauh lebih besar dibandingkan tahun tahun sebelumnya. Sebab, pemberian THR pada tahun ini bukan hanya berasal dari gaji pokok saja melainkan juga dari Tunjangan Kinerja, Tunjangan Keluarga dan Tunjangan lainya.

“Sama adanya perhatian pemerintah dalam memberikan THR dan gaji ke-13 dan sekaligus juga simulasi dana desa dan dana alokasi khusus itu,” jelasnya. (okezone)

Categories: Zona Berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s