Zona Berita

Ada Pasukan Khusus Untuk Atasi Serangan Siber Selama Asian Games

Menjelang perhelatan pesta Olahraga Asian Games, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyiagakan pasukan khusus untuk mengantisipasi serangan siber selama hajatan tersebut berlangsung.

Menteri Komunikasi dan Informatika ( Menkominfo) Rudiantara mengatakan, sistem IT menjadi bagian penting selama Asian Games berlangsung. Sehingga membutuhkan pengamanan khusus, seperti adanya serangan dari dunia maya dan peretasan situs resmi Asian Games.

“Lebih dari 20 orang tim ahli dari IT membantu Kominfo, dari instansi mana saja tidak bisa saya sebutkan,” kata Rudiantara saat di Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (7/7/2018).

Menurut Rudiantara, persiapan sistem IT di Palembang tak jauh berbeda dengan Jakarta. Bahkan semuanya telah berjalan. Atlet dan official pun disebutnya sudah mendaftarkan para peserta mereka melalui server Asian Games yang sudah disiapkan oleh panitia.

“Hanya saja ada beberapa nama atlet dan official yang masih berubah sampai sekarang. Itu hal biasa,” ujarnya,

Pada pembukaan dan penutupan Asian Games di Senayan, Jakarta nanti, Kemenkominfo akan menyiapkan wifi gratis untuk masyarakat dengan kapasitas kecepatan 10 gigabit hingga 50 gigabit.

“Internet khusus yang digunakan untuk media, disediakan oleh panitia di Media Center Asian Games masing-masing kota. Untuk besarannya saya tidak hapal,” jelas dia.

Di sisi lain, progres seluruh pembangunan venue di kawasan komplek Jakabaring, Palembang sendiri, Rudiantara mengaku semuanya telah hampir rampung.

“Di sini (Jakabaring) tinggal satu persen progres, karena hanya tinggal finishing,” tutupnya. (KOMPAS)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s