Zona Berita

Imigrasi Menggratiskan Biaya Visa bagi Partisipan Asian Games 2018

Tak hanya insan olahraga yang bersiap menyambut Asian Games 2018. Pemerintah RI juga serius mempersiapkan ajang olahraga terbesar di kawasan Asia ini, satu di antaranya Direktorat Jenderal Imigrasi.

Untuk ikut menyukseskan Asian Games 2018, Direktorat Jenderal Imigrasi menerapkan kebijakan khusus, yakni menerapkan kebijakan Nol Rupiah atau membebaskan biaya visa bagi partisipan.

Hal ini disampaikan dalam Rapat Koordinasi Pelaksanaan Embarkasi/Debarkasi, Asian Games, Asian Para Games, dan Annual Meeting IMF World Bank 2018 di Jakarta yang dipimpin langsung Direktur Jenderal Imigrasi, Ronny F. Sompie, Kamis (5/7/2018).

Penerapan kebijakan pembebasan biaya keimigrasian berlaku bagi partisipan yang terdiri dari atlet, ofisial, dan jurnalis.

Kebijakan ini menjadi muara dari kebijakan lain, seperti pemberian Bebas Visa Kunjungan bagi 169 negara dan Visa On Arrival bagi 68 negara.

Hal ini didasarkan pada Surat Menkumham M.HH.GR.01.05-12 tanggal 9 November 2017 dan Surat Dirjen Imigrasi nomor IMI-UM.01.03-0078 tanggal 10 Januari 2018.

“Jajaran Imigrasi siap dengan berbagai rencana dan kemungkinan untuk menghadapi pesta akbar Asian Games ini,” ujar Ronny dalam siaran pers yang diterima Bola.com.

Hal lain yang diberikan Keimigrasian bagi partisipan Asian Games 2018, termasuk pelayanan prima dan penyediaan jalur serta konter khusus di Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI).

Jalur Khusus

Ronny mengungkapkan petugas Imigrasi di lapangan telah disiapkan untuk pemeriksaan keimigrasian bagi partisipan yang diperkirakan berjumlah 25 ribu.

“Kami akan optimalkan personel yang ada dengan mengerahkan pegawai baru, yaitu CPNS untuk bertugas di TPI,” tambahnya.

Meski Asian Games dipusatkan di Jakarta dan Palembang, jalur khusus bagi atlet dan partisipan lain tetap disiapkan, tak hanya di di TPI Bandara Soekarno Hatta (Jakarta), Halim Perdanakusumah (Jakarta), dan Sultan Mahmud Badaruddin (Palembang) melainkan juga di I Gusti Ngurah Rai (Bali) serta Hussein Sastranegara (Bandung).

Petugas Imigrasi akan berjaga di jalur khusus sebelum, selama, dan setelah Asian Games 2018 hingga seluruh partisipan meninggalkan wilayah Indonesia. Hal ini menjadi satu bentuk dukungan dalam sinergisitas dengan stakeholders yang terkait dalam penyelenggaraan Asian Games 2018. (bola.com)

Categories: Zona Berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s