Zona Berita

Selama Asian Games, Warga Jakarta Diimbau Naik Sepeda

Kepala Korps Lalu Lintas Polri Inspektur Jenderal Polisi Royke Lumowa mengimbau masyarakat, khususnya yang tinggal di DKI Jakarta, untuk mengurangi pemakaian kendaraan pribadi selama penyelenggaraan Asian Games 2018, 18 Agustus hingga 2 September 2018.

Dia menyarankan, masyarakat pengguna kendaraan pribadi berpindah sementara ke kendaraan umum atau moda transportasi lebih sederhana seperti sepeda.

“Saya ajak masyarakat, mari mengurangi kendaraan pribadi, walaupun angkutan umum belum memadai atau beralih kepada angkutan lain,” kata Royke di Gedung PTIK, Jakarta Selatan, Rabu 4 Juli 2018.

Bahkan, untuk menggelorakan masyarakat beralih ke transportasi umum, dia sudah ikut bersepeda. Hal ini juga dilakukan sebagai sosialisasi Asian Games.

“Sebagai kompensasi, saya pribadi kemarin sudah sosialisasi. Mulai hari ini sampai Asian Games, ke mana-mana saya akan bersepeda. Kemarin pun saya naik sepeda dari Mabes ke Kemenhub, naik sepeda pulang pergi. Sepanjang tidak hujan dan tidak buru-buru,” katanya.

Mengenai perluasan tempat dan waktu pembatasan kendaraan ganjil genap, jenderal bintang dua ini menuturkan, hal ini untuk memastikan perjalanan seluruh atlet dari tempat penginapan ke lokasi pertandingan hanya memakan waktu maksimal 30 menit.

“Supaya lancar, tidak boleh lewat dari 30 menit untuk atlet. (Karena mereka) tidak boleh buru-buru, butuh ada warning up, ganti pakaian, dan sebagainya,” ucap Royke.

Royke menyampaikan bahwa sebanyak 4.000 personel polisi lalu lintas akan diterjunkan selama Asian Games 2018 di wilayah Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi (Jabotabek).

Menurutnya, personel polisi lalu lintas itu akan bertugas di jalan-jalan yang menjadi rute perjalanan atlet dari tempat penginapan ke lokasi pertandingan dan jalan-jalan terdampak pengalihan arus akibat penerapan aturan ganjil genap.

“Jabotabek bisa 4.000, karena semua harus turun semua. Yang kami jaga bukan hanya rute atlet tapi rute terdampak,“ kata mantan dirlantas Polda Metro Jaya tersebut. (viva)

Categories: Zona Berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s