Zona Berita

Para Kusir Delman Dukung Pelaksanaan Asian Games 2018

Operasional delman yang biasa dijumpai di kawasan Monumen Nasional (Monas) akan dihentikan sementara waktu dari tanggal 1 Agustus hingga 30 September.

Menanggapi hal itu, seorang kusir delman Cucung (59) menyatakan bahwa ia bersama rekan-rekannya menyetujui rencana tersebut guna menghargai penyelenggaraan Asian Games 2018 pada Agustus mendatang.

“Iya kita setuju saja. Biar enggak malu-maluin jadi tuan rumah Asian Games 2018. Enggak apa-apa,” ujar Cucung di Kawasan Monas, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (3/7).

Selain itu, kesepakatan tersebut disetujui lantaran pemerintah melalui Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP), menyediakan tempat pengganti operasional delman.

“Setuju karena kita dikasih solusi dengan beroperasi di kawasan lain, di Kota Tua atau di Ragunan,” ungkapnya.

Senada seperti Cucung, kusir delman lain bernama Ayi menyatakan pemberian lokasi alternatif menyebabkan para kusir delman menyetujui program yang dilakukan untuk menyukseskan Asian Games 2018.

“Kalau cuma dilarang saja tapi gak ada solusi mungkin kita juga akan demo. Mau makan apa kita dua bulan kalau dilarang narik delman,” kata Ayi.

Sebelumnya, Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP), Bayu Sari Hastuti, mengatakan, seluruh delman yang biasa beroperasi di Monumen Nasional (Monas) tidak diperbolehkan beroperasi.

“Mulai dari 1 Agustus sampai 30 Sepetember tidak boleh ada kuda yang beroperasi di Jakarta Pusat seperti Monas,” kata Bayu, Senin (2/7/2018) kemarin.

Adapun alasan pelarangan beroperasinya delman tersebut, menurut Bayu, guna mengantisipasi adanya penularan virus.

Seluruh kuda yang akan bertanding dari negara yang ikut Asian Games akan ditempatkan di arena Rawamangun, Jakarta Timur.

“Jarak dari lokasi kuda yang akan tanding ditempatkan di Rawamangun berjarak 10 kilometer. Kami arahkan mereka ke Kota Tua, Jakarta Barat, dan Taman Margasatwa Ragunan (TMR), Jakarta Selatan,” katanya. (tribun)

Categories: Zona Berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s