Zona Berita

Kebijakan Ganjil Genap Dibuat Agar Atlet Tidak Terlambat

Kebijakan sistem ganjil genap pada lalu lintas Jakarta akan diterapkan selama penyelenggaraan pesta olahraga Asian Games 2018, 18 Agustus-2 September.

Hal ini terkait ketentuan dari penyelenggara bahwa waktu tempuh dari Wisma Atlet menuju venue atau lokasi pertandingan tidak lebih dari 30 menit.

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Royke Lumowa menyatakan, penerapan kebijakan ganjil genap diharapkan bisa membuat lalu lintas lancar. Dengan begitu, para atlet dapat sampai ke lokasi pertandingan tepat pada waktunya.

Selain itu, para atlet pun diharapkan masih memiliki waktu yang cukup untuk melakukan persiapan sebelum bertanding. Mereka, imbuh Royke, tidak boleh terburu-buru sampai ke lokasi pertandingan dan harus memiliki waktu untuk melakukan pemanasan.

Dengan demikian, performa mereka saat bertanding pun dapat maksimal.

“(Hasil yang diharapkan) supaya lancar, tidak boleh lewat dari 30 menit untuk atlet,” kata Royke di Jakarta, Rabu (4/7/2018).

Royke menjelaskan, penerapan ganjil genap ini hanya selama gelaran Asian Games 2018. Uji coba kebijakan tersebut akan dilakukan pada pekan kedua bulan Juli 2018, sementara itu penerapannya dilakukan mulai Agustus 2018.

Menurut Royke, pembatasan kendaraan dengan sistem ganjil genap tersebut diberlakukan selama pukul 06.00 hingga 21.00. Pertimbangannya adalah waktu pertandingan yang berlangsung selama jam tersebut.

“Kenapa dari jam 06.00, karena di setiap venue sudah dimulai pertandingan sampai jam 21.00 malam,” jelas Royke.

Polri juga memperluas wilayah ganjil genap mobil pribadi hingga ke jalan arteri yang diberlakukan selama jam-jam tersebut. Kebijakan ini berlaku pada hari Senin hingga Minggu.

Untuk kelancaran lalu lintas selama Asian Games 2018, selain kebijakan ganjil genap, diberlakukan pula manajemen rekayasa lalu lintas dan penyediaan angkutan umum.

Selain itu, diberlakukan juga pembatasan lalu lintas angkutan barang untuk golongan III-IV. (kompas)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s