Zona Berita

Gaung Asian Games 2018 di Timor Leste

AG di Dilli

ZONADAMAI.COM – Kota Dili, ibu kota negara Timor Leste, tampak berbeda pada Sabtu (23/6/2018). Bertempat di lapangan Sedpac, Dereitos Humanos, Dili, berlangsung ajang 18th Asian Games OCA Fun Run yang dihadiri sekitar 1.500 peserta yang tak hanya berasal dari kota itu dan kota-kota tetangga, tapi juga dari beberapa negara seperti Portugal dan Thailand.

Kegiatan yang diprakarsai Dewan Olimpiade Asia (OCA) itu memasuki edisi ke 25 saat digelar di negara yang sempat selama 27 tahun menjadi bagian dari Indonesia tersebut. Dua jam sebelum acara itu dimulai, ribuan peserta sudah memadati arena fun run. Mereka seakan ingin menunjukkan dan memberikan dukungan agar pesta olahraga Asia yang digelar di Indonesia berlangsung sukses.

“Kami bangga, Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games ke 18 mendatang. Oleh sebab itu, kegiatan ini disambut dengan rasa suka cita oleh rakyat Dili yang merasa pernah menjadi bagian dari Indonesia. Kami berharap agar Asian Games di Jakarta dan Palembang berjalan sukses,” ujar Francisco Kalbuadi Lay, Menteri Pariwisata dan Kebudayaam Timor Leste saat membuka 18th Asian Games Fun Run.

Ia menambahkan, Timor Leste akan mengirimkan 63 atlet untuk berlaga di Jakarta dan Palembang. Selain Cisco, sapaan akrabnya, kegiatan itu juga dihadiri Sahat Sitorus, Duta Besar Indonesia untuk Timor Leste, Helen Sarita de Lima, anggota Komite Eksekutif Komite Olimpiade Indonesia dan Elena Chakarova, yang mewakili OCA.

“Harapan saya, melalui fun run ini semoga mendapatkan perhatian lebih dari negara-negara Asia untuk mensukseskan Asian Games. dan Energy of Asia semakin kuat terpancar dan menyebar di semua negara yang akan bertanding,” ungkap Helen.

Kemeriahan Asian Games Fun Run di Dili juga bertambah karena pada saat bersamaan di ibu kota tersebut digelar pelantikan kabinet baru hasil pemilihan yang digelar Mei lalu. Ajang fun run di Dili digelar dalam dua kategori lomba, 5 km dan 10 km.

“Kedutaan besar Indonesia di Dili memberikan dukungan penuh kepada penyelenggaraan ajang fun run ini karena hal ini tak hanya untuk sosialisasi Asian Games semata, namun makin mempererat hubungan antar negara yang bertetangga ini. Apalagi di bidang olahraga, saya menilai Timor Leste secara perlahan memperlihatkan perkembangan prestasi,” ujar Sahat Sitorus.[asiangames2018.id]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s