Zona Berita

Indonesia Berbenah Diri Jelang Asian Games 2018

Menghitung hari menuju Asian Games 2018, apa saja yang telah dipersiapkan Indonesia dalam menyambut perhelatan besar ini? Sebagai tuan rumah, tentunya banyak hal yang sudah hampir semua dirampungkan. Tak hanya itu Indonesia juga harus menunjukkan performa yang prima dan totalitas dari semua aspek, diantaranya: para atlet yang akan bertanding, sarana dan prasarana, hingga aspek pariwisata selama acara pesta olah raga terbesar di benua Asia.

Persiapan yang telah dilakukan oleh pemerintah dalam menyambut pesta olah raga terbesar se-Asia ini, yang akan berlangsung pada 18 Agustus hingga 2 September 2018 di Jakarta dan Palembang, sudah mencapai 95 persen. Hal tersebut merujuk pada infrastruktur pendukung atau venue yang hampir rampung diselesaikan.

Adapun untuk persiapan di Jakarta tercatat sudah ada 25 venue yang telah terselesaikan dan 8 venue masih dalam proses penyelesaian. Sedangkan di Palembang, 11 venue sudah rampung dan penyelesian untuk 2 venue lainnya masih berlangsung.

Persiapan venue pun dilakukan di Jawa Barat, tercatat ada 10 venue yang turut berbenah dan masih dikerjakan karena keputusan pekerjaannya baru akhir tahun lalu, diantaranya: Stadion Jalak Harupat Bandung, Patriot Bekasi, Pakansari Bogor, Wibawa Mukti Cikarang, Lapangan Sabuga ITB, venue kano di Majalengka, serta paragliding di Pasir Sumbul, Puncak. Sebetulnya secara keseluruhan persiapan yang dilakukan sudah hampir selesai, tinggal beberapa venue saja yang masih dalam proses pengerjaan, dan akan di targetkan selesai seluruhnya pada akhir Juni 2018.

Sementara itu, pembangunan infrastruktur untuk hunian bagi atlet pun turut dipersiapkan. Di Kemayoran, dibangun dua blok rumah susun (rusun) yang akan digunakan sebagai wisma atlet, yang terdiri dari 3 tower di Blok C2 dan 7 tower di Blok D10. Sepuluh tower ini dapat menampung hingga 22.278 orang. Bangunan ini juga akan dilengkapi berbagai fasilitas pendukung,agar para atlet merasa lebih nyaman.

Progres pembangunan tower rusun ini telah mencapai 94%. Sedangkan di Palembang, sebanyak dua rusun yang saat ini telah rampung dan akan melengkapi tiga tower yang telah dibangun pada tahun 2015. Masing-masing tower setinggi lima lantai ini terdiri dari 66 unit tipe 36. Pembangunan ini dibuat untuk keamanan dan kenyaman para atlet yang bertanding maupun ofisial, sebagai bentuk dukungan serta layanan servis terbaik.

Di samping mempersiapkan infrastruktur Asian Games 2018, Kementerian Pariwisata mendorong industri dan asosiasi di bidang pariwisata yaitu menyiapkan paket-paket wisata dalam menyambut Asian Games 2018 yang terdiri dari 2 pilihan, diantaranya:  Paket One Day Tour, Paket wisata ini menawarkan seperti melancong keberbagai destinasi dalam satu hari atau biasa disebut city tour, serta Paket Overstay, yang akan menawarkan para atlet, ofisial maupun supporter untuk perjalanan keberbagai destinasi pilihan.

Selain infrastruktur Pemerintah juga sangat mengutamakan keamanan dan keselamatan bagi para atlet, ofisial, dan pendukung yang bertandang ke Indonesia dengan menerapkan keamanan bertaraf internasional untuk meyakinkan para atlet dan pemerintah di negara-negara yang mengikuti event agar tidak terganggu akan aksi teror yang beberapa waktu  lalu terjadi di kota Depok, Surabaya, dan Riau.

Pihak Kepolisian tentunya tidak mau kecolongan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab sehingga mempersiapkan personel yang cukup siap dan tangguh untuk menghadapi segala hambatan. Tidak tanggung-tanggung, personil cadangan yang disiapkan untuk daerah DKI Jakarta saja sekitar 22.000 personel. Sementara di Palembang, personel cadangan disiapkan sebanyak 3.000 personel, Prosedur pengamanan juga dilakukan tak hanya di sekitaran venue, tapi di sekitar sarana lain seperti tranportasi dan IT.

Selain itu, untuk penanganan yang bersifat khusus dan VIP akan dilakukan langsung oleh personel TNI. Dengan pengamanan yang cukup ketat, pihak kepolisian menjamin keamanan untuk semua warga Negara Indonesia dan juga warga Negara yang nanti ikut perlombaan Asian Games 2018 ini dengan melakukan pengamanan semaksimal mungkin hingga tidak akan terjadi hal- hal yang tidak diinginkan.

Dari perhelatan akbar ini, diperkirakan akan memiliki potensi dampak ekonomi langsung bagi negara sebesar Rp. 45,1 triliun rupiah. Bappenas (Badan Perencanaan Pembangan Nasional) memperkirakan pengeluaran peserta dan pengunjung Asian Games 2018 mencapai Rp. 3,6 triliun rupiah dengan rincian pengeluaran di Jakarta untuk konsentrasi persebaran peserta dan pengunjung sebanyak 70 persen sebesar Rp. 2,5 triliun rupiah dan Palembang dengan konsentrasi persebaran peserta dan pengunjung sebanyak 30 persen sebesar Rp. 1,1 triliun rupiah. Sementara itu, pengeluaran lain untuk biaya akomodasi yang mencapai Rp. 1,3 triliun rupiah dan biaya transportasi sebesar Rp. 640 miliar rupiah, makanan dan minuman sebesar Rp. 628 miliar rupiah, biaya belanja mencapai Rp. 560 miliar rupiah, dan biaya hiburan sebanyak Rp. 280 miliar rupiah.

Dengan perkiraan total biaya yang sangat besar dikeluarkan negara untuk biaya konstruksi fasilitas pendukung Asian Games 2018 tentu saja harus memberikan manfaat bagi kemajuan negara. Indonesia berbenah diri untuk lebih mempercantik dan menarik perhatian kancah dunia terutama Asia, sehingga bisa mendapatkan manfaat dari perhelatan yang akan berlangsung cukup meriah ini.

Peluang ekonomi yang dapat dimanfaatkan dari penyelenggaraan Asian Games 2018 dapat dicapai dengan menggencarkan promosi Asian Games dan wisata yang lebih tepat sasaran, memberikan fasilitas dan kemudahan untuk masuk ke Indonesia bagi turis mancanegara, serta meningkatkan kemudahan akses ke venueuntuk penonton lokal, menyiapkan destinasi wisata dan infrastruktur pendukung, serta meningkatkan awareness wisatawan mancanegara tentang destinasi wisata, termasuk wisata kuliner dan budaya.

Oleh Indah Rahmawati Salam (Kontributor Lembaga Studi Informasi Strategis Indonesia)

Advertisements

Categories: Zona Berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s