Zona Berita

Festival Jelang Obor Asian Games 2018

ZONADAMAI.COM – Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno menggelar launching Festival Jelang Obor Asean Games 2018 di Kampung Setu Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Sabtu (23/06/2018). Festival Jelang Obor Asean Games ini, kata Sandi, adalah salah satu agenda untuk menyambut serta menyukseskan mel perhelatan Asean Games 2018 pada Bulan Agustus mendatang.

“Tujuan diadakannya festival jelang obor ini untuk memberikan dampak positif pada sosialisasi serta sebagai upaya untuk menggaungkan perhelatan Asean Games 2018 hingga pelosok wilayah DKI Jakarta. Karena Jakarta menjadi salah satu kota penyelenggara Asean Games 2018 yang akan diikuti oleh 45 negara. Artinya ini moment penting untuk warga Jakarta,” kata Sandiaga Uno di Kampung Betawi Setu Babakan, Jakarta Selatan, Sabtu 23 Juni 2018.

Ia menambahkan, Festival Jelang Obor Asean Games ini nantinya akan melibatkan banyak masyarakat mulai dari aparatur pemerintah daerah, Atlet, tokoh masyarakat, pengusaha, hingga para pelajar di Ibu Kota Jakarta.

Dalam kegiatan itu nantinya, kata Sandiaga, akan ada perhelatan lari membawa replika Obor Asean Games 2018 keliling kampung di lima wilayah DKI Jakarta dan Kepulauan Seribu, yang meliputi 44 kecamatan dan 267 kelurahan.

“Jadi kita ingin euforia sebagai tuan rumah Asean Games 2018 ini sampai ke seluruh lapisan masyarakat,” ujarnya.

Dalam festival itu, lanjut Sandi, pelari pembawa replika Obor Asean Games akan dibawa lari oleh enam regu pelari per-kelurahan. Tiap regu pelari terdiri dari tokoh masyarakat, atlet, atau tokoh pemuda di kelurahan tersebut yang bertugas membawa obor replika. Pembawa Obor replika Asean Games 2018 itu nantinya akan didampingi atau dikawal oleh 10 orang dari parapelajar.

“Jadi nanti masing-masing regu dalam kelurahan tersebut akan berlari dengan jarak 500 meter, dan setelah selesai menempuh jarak 500 meter, replika obor akan dipindahkan ke regu berikutnya. Terus begitu. Nanti kalau lewat sekolahan kita minta anak-anak sekolah menyambut dengan membawa bendera 45 negara peserta Asean Games, dan lain sebagainya,” kata Sandiaga Uno.

Kegiatan Festival Jelang Obor ini akan dimulai pada tanggal 1 Juli 2018 mendatang. Menurut Sandi, mulai awal Juli itu, kegiatan lari membawa replika obor Asean Games itu akan terus dilakukan setiap minggu di sejumlah wilayah yang sudah di tentukan. Festival Jelang Obor itu akan dilakukan hingga pertengahan 15 Juli 2018.

“Intinya kita inisiasi sekarang di seluruh kecamatan untuk demam Asean Games. Momentum ini akan terus kita tingkatkan intensitasnya sampai nanti menjelang torch runner,” katanya. [Viva.co]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s