Zona Berita

Alasan Komjen Pol M Iriawan Diizinkan Dilantik Menjadi PJ Gubernur Jawa Barat

Wacana penunjukan Komjen Pol M Iriawan sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat sempat memunculkan pro-kontra hingga dibatalkan. Namun kini Iriawan tetap dilantik. Apa alasan Kemendagri?

Komjen Iriawan telah resmi dilantik oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo sebagai Pj Gubernur Jawa Barat pada Senin (18/6/2018). Dia akan memimpin Jawa Barat sementara waktu sampai Gubernur Jabar definitif resmi dilantik.

Tjahjo mengakui sempat muncul polemik terkait usulan perwira tinggi Polri menjadi Pj gubernur. Pasalnya, muncul kekhawatiran karena 2018 merupakan tahun politik.

Akhirnya, lanjut dia, setelah melalui proses pertimbangan yang matang, diputuskan pejabat aktif TNI dan Polri di Mabes TNI dan Polri dibatalkan demi menjaga netralitas kedua lembaga tersebut.

“Ada kesepakatan akhirnya yang dimediasi Pak Menko Polhukam, sudahlah untuk netralitas pejabat aktif TNI dan Polri di Mabes TNI dan Polri tidak usah walaupun Mendagri mengusulkan sesuai aturan yang diyakini oleh Mendagri,” kata Tjahjo saat ditemui seusai pelantikan di Gedung Merdeka, Kota Bandung, Senin (18/6).

Namun, setelah waktu berselang, M Iriawan, yang saat itu berpangkat irjen pol dan menjabat Asisten Kapolri Bidang Operasi, dipindahtugaskan menjadi Sekretaris Utama Lembaga Ketahanan Nasional. Pangkat Iriawan juga naik menjadi komjen pol.

Dengan dipindahtugaskannya M Iriawan, Tjahjo melihat tidak ada masalah dari sisi aturan untuk menunjuknya sebagai Pj Gubernur Jawa Barat. Itu karena Iriawan sudah tidak lagi bertugas di Mabes Polri.

“Ya sudah akhirnya dengan Pak Iriawan dimutasikan dari pejabat aktif Mabes Polri ke lembaga yang struktur eselonnya sama dengan dirjen, ya sudah nggak ada masalah. Sesuai aturan dan mekanisme yang ada,” ujarnya.

Advertisements

Categories: Zona Berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s