Zona Berita

BI Yakin Ekonomi Negara Akan terus Meningkat

Bank Indonesia (BI) prediksi pertumbuhan ekonomi 5,2-5,6 persen pada 2019. Angka ini lebih rendah dari target pertumbuhan ekonomi oleh pemerintah Indonesia di angka 5,4 persen-5,8 persen.

“2019 pertumbuhan ekonomi berkisar 5,2 persen hingga 5,6 persen. Pertumbuhan didorong meningkatnya investasi dan beberapa aspek ekspor yang membaik,” ujar Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo di Gedung DPR-MPR, Jakarta, Kamis (31/5/2018).

Perry mengatakan, pertumbuhan ekonomi pada 2019 akan didukung oleh beberapa faktor ekonomi, salah satunya membaiknya harga komoditas serta naiknya kegiatan investasi swasta.

“2019 ada beberapa peluang mendorong ekonomi, baik ekonomi dunia yang membaik, harga komoditas tinggi, stimulus fiskal pemerintah dan membaiknya kegiatan investasi di swasta,” ujar dia.

Perry melanjutkan untuk nilai tukar rupiah, bank sentral memprediksi kurs Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) akan bergerak pada posisi 13.800-14.100. Sementara inflasi diprediksi berada pada angka 3,5 plus minus 1 persen.

“Dengan perkembangan yang ada di dunia, Rupiah bergerak rata-rata Rp 13.800 sampai Rp 14.100 per USD. Inflasi terjrga 3,5 plus minus 1 persen dengan beberapa aspek terkendali, permintaan terkendali dan beberapa koordinasi badan usaha,” tutur dia.

Sementara itu, defisit transaksi berjalan diperkirakan sebesar 2 persen sampai 2,5 persen dan masih di bawah batas aman.  Dengan gambaran tersebut, arah kebijakan ke depan adalah bagaimana menjaga stabilitas dan kemudian mendorong pertumbuhan ekonomi.

“Bank Indonesia ada instrumen kebijakan moneter, makroprudensial, pendalaman pasar keuangan dan sistem keuangan, serta pemetaan ekonomi syariah. Dengan tekanan global, tidak ad pilihan lain selain kebijakan pro stabilitas,” kata dia.

Seperti diketahui, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, menghadiri rapat kerja dengan badan anggaran DPR mengenai kerangka ekonomi makro dan pokok-pokok kebijakan fiskal 2019.

Rapat tersebut juga dihadiri oleh Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo serta perwakilan Kementerian Perencanaan dan Pembangunan Nasional.

Categories: Zona Berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s