Zona Sosial

Desa Rowo Indah, meresmikan hasil renovasi Tugu Pancasila di wilayahnya

zonadamai.com Jember – Sadar atau tidak saat ini buah reformasi yang mengantarkan masyarakat ke ruang kebebasan, termasuk berpendapat dan berpolitik, di satu sisi membawa dampak negatif.

Masyarakat seakan kehilangan jati diri sebagai warga negara Indonesia yang memiliki falsafah dan ideologi Pancasila.

Kerinduan dan kebanggaan akan Pancasila sebagai dasar kehidupan bermasyarakat dan berbangsa dirasakanoleh warga jember. Persisnya masyarakat di Desa Rowo Indah, Kecamatan Agung, Jember, Jawa Timur, meresmikan hasil renovasi Tugu Pancasila di wilayahnya.

Peresmian tersebut patut dilakukan sebagai upaya dalam mengingat dan mengamalkan Pancasila, karena kini masyarakat mulai melupakan dan mengasingkan Pancasila itu sendiri.

Seluruh masyarakat diingatkan untuk membaca dan memahami sejarah bangsa dalam meletakkan dasar-dasar negara. Jauh sebelum merdeka, para pemimpin bangsa telah memikirkannya.

Menyadari pentingnya pengetahuan dan pengamalan pancasila, masyarakat harus lebih peduli demi bangsaIndonesia. Pancasila dilindungi dan digelorakan kembali. Kita harus menjiwai kehidupan.

Apabila saat ini masih saja muncul berbagai pandangan dan pemilikiran di luar Pancasila, berarti mereka bukan saja tidak memahami sejarah, tetapi telah mengkhianati perjuangan para pendiri bangsa.

Categories: Zona Sosial

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s