Zona Berita

Demokrasi Impian Ponpes Darul Hidayah Bandung

12312313 (2)

zonadamai.com – Keberadaan pondok pesantren dalam alam demokrasi saat ini memiliki peran penting sebagai penjaga demokrasi. Proses demokratisasi yang sedang berjalan harus memiliki substansi demokrasi tidak hanya sekedar prosedural demokrasi yang melupakan nilai nilai perjuangan, tapi menjadi mekanisme untuk memperjuangkan harapan dan keinginan masyarakat untuk maju, adil dan makmur.

Hal itu disampaikan oleh para santri Pondok Pesantren Darul Hidayah, Bandung, menyikapi perkembangan dan pergelaran informasi di media massa terkait kepemimpinan nasional yang dilakukan oleh Presiden Jokowi. Program Nawacita saat ini dinilainya sudah memberikan progres cukup baik. Mereka berharap, progres ini akan terus berjalan hingga kepemimpinan nasional berikutnya.

Agar progres yang ada terus berkesinambungan, para santri di pesantren ini menginginkan agar kepeminan nasional setelah 2019 masih terus dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Wujud dari harapan itu, sejumlah santri di Ponpes ini mendeklarasikan mendukung Jokowi untuk kembali memimpin Indonesia periode 2019-2024. Mereka kompak mengenakan kaos bertuliskan ‘Urang Balad Jokowi’  (artinya, Kami Teman Jokowi).

Mereka menilai, Indonesia di bawah kepemimpinan Jokowi mampu berkembang lebih baik dan semakin maju, bahkan telah menggungguli negara-negara Asia lainnya di bidang demokrasi dan pembangunan infrastruktur.

Mereka berharap, pesantren-pesantren di Indonesia mampu menciptakan generasi muda Islam berkarakter santun, cerdas, berfikir rasional dan tidak melakukan tindak kekerasan dengan mengatas-namakan agama. Untuk menciptakan generasi muda berkarakter seperti itu, seluruh ponpes di Indonesia perlu meningkatkan pengajaran mengenai pengetahuan, pemahaman dan pengamalan kitab atau literatur Islam yang memadai.[*]

Advertisements

Categories: Zona Berita

Tagged as: , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s