Zona Berita

Pemerintah Berusaha mengembalikan Kejayaan Maritim dengan Mengeluarkan 1,3 Triliun Rupiah

  zonadamai.com, Jakarta— Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman (Menko Maritim), Luhut Binsar Pandjaitan, menyebutkan potensi kemaritiman Indonesia sangat besar namun belum di kelola secara maksimal.

Menurutnya, pemerintah saat ini sedang fokus untuk mengembalikan kejayaan Maritim Indonesia. Guna melakukan berbagai kegiatan pembangunan di bidang kemaritiman, pemerintah telah mengeluarkan anggaran mencapai Rp1,3 triliun per tahunnya sejak 2014 silam.

“Pembangunan kemaritiman ini sebenarnya tidak berhenti, tapi memang ada masalah. Sampai Presiden Jokowi masuk di pemerintahan 2014, kita sesuaikan visi misinya. Anggarannya Rp1,3 triliun per tahun,” kata Luhut di Gedung BPK RI, Jakarta, Senin (19/3/2018).  Dia menjelaskan, Indonesia adalah bangsa bahari, yang dikenal sangat gandrung dalam mengarungi samudera. Pasalnya, potensi terbesar sumber daya bangsa Indonesia disumbang dari sektor kelautan. “Sebagian dan termasuk saya pikir Indonesia ini daratan. Padahal 90 persen kelautan. Kita susun pembangunan kemartiman itu, sehinggga Indonesia menjadi poros maritim dunia untuk mengarungi dua samudera sebagai bangsa yang bahari,” jelasnya.  Mantan Menko Polhukam itu mengklaim, pemerintah sudah berupaya keras untuk membentuk poros maritim dunia. Melalui berbagai program, salah satunya membangun tol laut. Dengan begitu, ia berharap, kedaulatan negara di laut bisa didengungkan lagi.  Namun, kata Luhut, program poros maritim ini masih banyak kekurangan. Oleh karena itu, pembangunan harus bertahap dan berproses. Sebab, menurutnya, pembangunan yang dimaksud perlu waktu yang panjang. “Capaian kebijakan kita maju. Tapi ada masalah pasti ada masalah. Infrastruktur kita buat, sekarang cost kita lebih murah. Buat harga jangan terlalu banyak selisihnya. Gap harga sekarang sudah bisa kita kurangi,” tandasnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s