Zona Ekonomi

Bank Dunia: Indonesia Berhasil Pertahankan Pertumbuhan Ekonomi

ZONADAMAI – Bank Dunia menilai Indonesia berhasil mempertahankan pertumbuhan ekonomi yang kuat pada 2017 dengan prospek yang terus positif. Hal tersebut disampaikan dalam laporan Indonesia Economic Quarterly Bank Dunia edisi Maret 2018.

Country Director Bank Dunia untuk Indonesia dan Timor-Leste, Rodrigo A. Chaves mengatakan, pencapaian tersebut dipengaruhi oleh kebijakan ekonomi makro Indonesia yang baik.

“Hal itu telah berkontribusi pada pertumbuhan investasi yang mencapai tingkat tertinggi dalam lima tahun terakhir. Indonesia tidak hanya harus mengundang, tapi juga menerima para investor,” tutur dia dalam acara paparan Indonesia Economic Quarterly di Energy Building, Jakarta Selatan, Selasa 27 Maret 2018.

 

Pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) riil Indonesia pun mengalami kenaikan menjadi 5,2 persen year to year pada kuartal keempat 2017 dari 5,1 persen di kuartal sebelumnya

Pada 2017, pertumbuhan PDB riil naik menjadi 5,1 persen dari 5,0 persen pada 2016. Rodrigo menyebut peningkatan pertumbuhan itu merupakan yang tertinggi dalam empat tahun terakhir.

 

Tahun ini, pertumbuhan PDB riil Indonesia ditargetkan meningkat menjadi 5,3 persen. Rodrigo menyebut target tersebut baik dan dapat dicapai.

“Tidak ada alasan untuk terlalu mendorong pertumbuhan agar menjadi lebih cepat kecuali itu datang dari reformasi struktural,” ucap Rodrigo.

 

Laporan triwulan perekonomian oleh Bank Dunia itu berfokus pada pentingnya negara untuk mengumpulkan lebih banyak pendapatan, dan membelanjakannya dengan lebih baik untuk mendukung pertumbuhan inklusif.

Bank Dunia menganggap selama 15 tahun terakhir kebijakan fiskal telah berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia. Namun, kebijakan itu dianggap dapat memiliki peran lebih besar untuk memastikan pertumbuhan yang berkelanjutan dan inklusif.

 

Sumber : Tempo

Categories: Zona Ekonomi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s