Zona Politik

Hoax Akan Banyak Terjadi di Pilkada 2018, Pemilih harus menghargai keberagaman

Zonadamai – Koalisi masyarakat sipil yang terdiri dari sejumlah lembaga swadaya masyarakat memprediksi sejumlah model kampanye hitam berpeluang terjadi di Pilkada 2018.

“Perhelatan pilkada ini enggak akan menjadi instrumen yang efektif bagi demokrasi jika praktik buruk ini terus berlangsung,” kata perwakilan koalisi, Feri Kusuma dari divisi pemantauan impunitas Kontras, di kantor YLBHI Jakarta, Ahad, 25 Maret 2018.

 

Feri mencatat ada enam praktik kampanye hitam yang kemungkinan terjadi saat Pilkada 2018. Salah satu model kampanye hitam yang menurut dia paling berbahaya adalah politisasi isu suku, ras dan agama (SARA) dan penyebaran berita bohong atau hoax. “Praktik itu berpeluang terjadi karena dinilai sangat efisien dan efektif dalam memenangkan calon,” kata Feri

 

Dia menilai bila kedua praktik di atas sudah terjadi, maka praktek turunannya adalah kriminalisasi lawan politik. Selain itu, dia juga menduga akan masih ditemui tidak netralnya aparatur negara seperti aparat Polri, TNI, Aparatur Sipil Negara (ASN), Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan intelijen maupun penyelenggara pemilu.

 

Masalah lain yang merisaukan Feri adalah terjadinya praktik politik uang dan suap. Di sejumlah daerah, kata dia, praktik bagi-bagi duit masih dapat ditemukan. “Ditambah, dengan adanya pemalsuan dokumen dan manipulasi prosedur pilkada,” kata dia

 

Merujuk pada enam kemungkinan kampanye hitam itu, Feri dan koalisi yang terdiri dari Perludem, YLBHI, Setara Institute, dan sejumlah LSM lain mengimbau masyarakat untuk waspada. Dia menyerukan agar masyarakat dapat berperan aktif dalam memantau jalannya pemilu.

Sebagai pemilih yang bertanggung jawab, kata dia, masyarakat harus ikut memikirkan masa depan bangsa lewat calon yang dipilihnya. “Pemilih harus memilih kepala daerah yang menghargai keberagaman dan dan tidak mengedepankan identitas kesukuan,” kata dia.

Advertisements

Categories: Zona Politik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s