Zona Humaniora

PEMBANGUNAN PAPUA UNTUK MASA DEPAN BANGSA

    Pemerintah menyediakan infrastruktur di Kabupaten Asmat, Provinsi Papua, yang saat ini mengalami kejadian luar biasa (KLB) wabah gizi buruk dan campak. Salah satunya membuka akses menuju Kabupaten Asmat lewat jalan Trans Papua. Ruas jalan Trans Papua itu adalah Wamena-Mamugu sepanjang 284,3 kilometer (km) dan Kenyam-Dekai 167 km. Logistik bantuan dibawa dari Wamena ke Mamugu, kemudian dilanjutkan melalui sungai menuju pelabuhan terdekat ke arah Agats, Dilanjutkan tahun 2017 dengan anggaran Rp 5 miliar dibangun rumah khusus di Kampung Segare, Distrik Aweyu sebanyak 20 Unit. Tahun 2018 telah dialokasikan sebesar Rp 45 miliar untuk pembangunan 150 unit rumah khusus. Program rumah swadaya untuk perbaikan rumah tidak layak dengan melibatkan masyarakat akan dilakukan pada tahun 2018 dengan target 1.000 unit dengan anggaran Rp 15 miliar. Selain itu, ada pula pembangunan SPAM (Sistem Penyediaan Air Minum) sebanyak 24 unit kapasitas masing-masing 1 liter/detik dengan nilai RP 39,7 miliar melalui kegiatan Pamsimas (Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat).

  Presiden Joko Widodo sebelumnya menyatakan, pembangunan jalur Trans-Papua merupakan infrastruktur yang penting untuk memperkecil ketimpangan antara wilayah Indonesia timur dengan barat dan tengah. Sebagai contoh, harga semen dan bahan bakar minyak di bumi cendrawasih itu tercatat cukup tinggi. Harga satu sak semen, misalnya bisa mencapai Rp 800.000. Sementara untuk harga BBM bisa mencapai Rp 60.000-Rp 100.000 per liter. Padahal, di Pulau Jawa harganya hanya Rp 6.500 per liter. “Betapa perbedaannya sangat jauh sekali,” kata dia.

  Akhirnya, Presiden Jokowi memerintahkan jajarannya agar harga BBM di Papua sama dengan di Jawa. Baru setelah satu setengah tahun, perintah itu bisa terwujud. Presiden Jokowi bersama kabinet kerjanya, telah melakukan upaya pemerataan pembangunan secara bertahap dan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing daerah, dukungan dari semua pihak sangat diharapkan karena pembangunan yang dilakukan saat ini adalah untuk masa depan generasi penerus bangsa khususnya Papua

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s