Zona Berita

Soal Serangan ke Tokoh Agama, Pondok Pesantren Serukan Negara Harus Hadir

KH Anwar Iskandar.

KH Anwar Iskandar

ZONADAMAI.COM – Insiden penyerangan terhadap tokoh agama yang terjadi akhir-akhir ini menimbulkan reaksi dari Anwar Iskandar, Pengasuh Pondok Pesantren Al Amien Kediri.

Ia mengatakan, penyerangan tersebut sulit untuk tidak dikaitkan dengan gerakan tertentu. Dia menengarai adanya upaya untuk mengganggu stabilitas keamanan negara menjelang pemilihan umum. “Negara harus hadir dalam situasi seperti ini,” ujar  kiai sepuh Nahdlatul Ulama ini.

Kiai Anwar berspekulasi aksi teror serangan ke tokoh agama yang dilakukan orang gila ini memiliki motif tertentu. Apalagi pola penyerangan yang menimpa sejumlah tokoh agama dilakukan kelompok yang sama, yakni orang gila. “Segila-gilanya orang, sasaran mereka, kok, bisa jelas,” kata Kiai Anwar sebagaimana dilansir Tempo, Senin, 19 Februari 2018.

Jika situasi ini dibiarkan berlarut-larut, kata dia, kepercayaan masyarakat kepada negara lambat laun akan turun. Jika itu terjadi, upaya meruntuhkan Negara Kesatuan Republik Indonesia makin mudah dilakukan.

Dia juga mengingatkan semua elemen umat Islam ikut berperan aktif meningkatkan kewaspadaan di lingkungan sekitar agar aksi teror tidak terjadi. Peran tokoh masing-masing agama juga dituntut lebih kuat untuk saling menjaga agar tidak terjadi distorsi di akar rumput.[*]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s