Zona Berita

Kapolri Gandeng Ormas Islam Jaga Kesatuan NKRI

Syarikat Islam Indonesia

ZONADAMAI.COM – Kapolri Tito Karnavian, Selasa (6/2/2018) petang mengunjungi kantor DPP Syarikat Islam (SI) Indonesia. Kunjungan itu, menurut Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigadir Jenderal Polisi Mohammad Iqbal,  selain sebagai silaturahim juga merupakan upaya Polri menggandeng ormas Islam untuk menjaga kesatuan NKRI bersama semua elemen, termasuk ormas Islam.

Salah satu pembicaraan yang dibahas dalam silaturahim itu, adalah tentang Pilkada serentak 2018.

“Pak Kapolri mengajak elemen ormas, salah satu fokusya untuk mendinginkan suasana jelang Pilkada,” ujar Iqbal.

Menurut Iqbal, Kapolri meminta komitmen ormas Islam bersinergi dengan Polri untuk menekan gesekan masyarakat saat Pilkada. Ormas Islam dinilai Polri memiliki peran krusial dalam meredam gesekan itu melalui tokoh-tokoh dan ulamanya. “Tentu saja ormas Islam, ulama dan tokohnya sangat penting menjaga kerukunan masyarakat, bukan hanya Polri, salah satunya melalui kunjungan ini kami melakukan komunikasi ini dengan SI,” tutur Iqbal.

Mantan Kapolrestabes Surabaya itu pun memastikan Polri akan berdiri pada posisi netral dalam Pilkada. Dia menyatakan Polri terus berupaya mendinginkan suasana politik yang memanas. Menangkal hal tersebut, untuk itu Polri berusaha meningkatkan aktivitas yang meningkatkan kebersamaan semua elemen bangsa. “Seluruh elemen masyarakat harus menjaga keutuhan NKRI, toleransi antarumat beragama, serta antar suku dan ras. Perlu peenyejukan yang dikelola untuk melawan isu provokatif yang memecah belah kita,” kata Iqbal.[*]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s