Zona Berita

Cegah Kampanye Hitam Pilkada 2018

Pilkada

ZONADAMAI.COM – Kampanye hitam dan kam panye negatif diperkirakan masih bakal mewarnai perhelatan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak tahun ini.

Pengamat politik Undip, Nur Hidayat Sardini, menuturkan, kampanye dengan membanding-bandingkan antar pasangan calon (paslon) diperboleh kan. Sebaliknya, yang dilarang adalah kampanye dengan konten menjurus fitnah, memecah belah hingga menyangkut isu SARA. Hidayat Sardini menjelaskan, kampanye negatif yang di maksud adalah kampanye yang bukan dengan menjatuhkan pesaing kandidat paslon, namun memberi kan informasi kepada masyarakat terkait rekam jejak pesaingnya.

“Misalnya, kandidat terbukti memiliki istri simpanan, ya pesaingnya harus berani menyampai kan dengan bukti-bukti yang valid,” ungkap Hidayat.

Hidayat memberi contoh di Pilgub Jawa Tengah (Jateng) pada 2018. Menurutnya, Pilkada di daerah ini dipastikan akan diikuti oleh dua pasangan calon, yakni Ganjar Pranowo – Taj Yasin sebagai petahan dan Sudirman Said- Ida Fauziyah. Dia mengatakan, paslon Sudirman-Ida ibaratnya yang merupakan pendatang baru bisa diibaratkan sebagai oposisi.

“Sebagai petahana tentu Pak Ganjar memiliki banyak kekurangan saat memimpin. Seperti persoalan nelayan, beras, kemiskinan, pendidikan, yang tentunya bisa dikemukakan rekam jejaknya,” ungkapnya.

Di sisi lain, Lnjur Hidayat, Ganjar selaku petahana gubernur juga memiliki modal yang cukup besar yang sudah dibangun selama lima tahun. Sehingga pertarungan dua kandidat pada Pilgub Jateng ini menjadi kesempatan bagi Sudirman untuk menaikkan voltase dalam meraup suara.

Untuk mengantisipasi kemungkinan kampanye hitam di wilayah ini, Kepala Subdit 2 Ekonomi Khusus Disrekrimsus Polda Jateng AKBP Teddy Fanani menya takan bahwa black campaign atau kampanye hitam, hanya terjadi pada saat masa kampanye. Namun diakuinya, memang ada kampanye hitam sebelum masa kampanye, akan tetapi itu tidak bisa disebut kampanye hitam.

“Guna mengantisipasi kampanye hitam, kami dari Polda Jateng tengah membentuk Satgas Anti Black Campaign. Tugas nya mencegah aksi kampanye hitam, membuat opini positif, dan memblokir akun-akun yang berpotensi menyebarkan kampanye hitam,” terang Teddy Fanani dalam Diskusi Prime Topic MNC Trijaya Semarang bertema Awas Kampanye Hitam di Noorman Hotel Semarang, Jawa Tengah, Selasa (6/2/2018). [*]

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s