Zona Berita

Ketua Dewan KPA: Program-Program Jokowi Di Desa Mesti “Dijual”

ZONADAMAI.COM: Presiden Joko Widodo kerap meresmikan proyek pembangunan jalan tol yang dibuat selama tiga tahun pemerintahanya. Namun, hal itu dinilai tidak ideal sebagai jualan pada Pemilu 2019.

“Yang banyak belum dijual Pak Jokowi itu infrastruktur desa yang duitnya banyak, desanya jalanin dengan antusias, tetapi itu tidak dijadikan gen politik,” ujar Ketua Dewan Nasional Konsorsium Pembaruan Agraria (KPA) Iwan Nurdin di Jakarta, Rabu (29/11/2017).

Menurut Iwan, pemerintah sudah melakukan hal besar dengan mengalokasikan dana desa sejak awal pemerintahan Jokowi-JK. Sejak 2015 lalu, dana alokasi dana desa tercatat sudah mencapai Rp 180 triliun.

Berkat dana itu, kata Iwan, pembangunan di desa berjalan, misalnya membangun infrastruktur jalan yang melibatkan tenaga kerja setempat sehingga masyarakat desa mendapatkan penghasilan.

“Padahal, itu yang dirasakan di 74.000 desa (bukan jalan tol) dan menurut saya itulah program membangun dari pinggiran milik Jokowi. Itu yang seharusnya banyak disosialisasikan,” ucap Iwan.

Sayangnya, Iwan menilai, Presiden lebih suka “menjual” pembangunan infrastruktur jalan tol. Padahal, tidak semua masyarakat bisa menikmati infrastruktur tersebut.

Di sisi lain, Iwan merasa ada kesan pembangunan di desa tertutup langkah-langkah yang dilakukan pemerintah sendiri, misalnya keputusan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi menggandeng kepolisian mengawasi penggunaan dana desa.

“Menurut saya, infrastruktur enggak bisa hanya melihat tol dan sebagainya. Ada infrastruktur besar yang dijalankan pemerintah yang melibatkan orang desa. Ini gen politik besar bagi Jokowi. Bukan hanya Papua yang dibangun, melainkan juga seluruh desa di Jawa dan luar Jawa, tetepi dia enggak jual itu,” kata Iwan.

Sumber: kompas.com

Advertisements

Categories: Zona Berita

Tagged as: , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s