Zona Editorial

Batas Wilayah Indonesia Secara Astronomis Dan Geografis

ZONADAMAI.COM: Indonesia adalah negara yang luas dengan ribuan pulau dan wilayah perairan yang luas. Batas wilayah Indonesia pun mencakup batas daratan Indonesia dan batas laut Indonesia. Secara umum wilayah perbatasan dibagi menjadi batas wilayah Indonesia secara astronomis dan geografis. Kali ini akan dibahas mengenai batas batas negara Indonesia meliputi batas wilayah Indonesia bagian utara, batas wilayah Indonesia bagian barat, batas wilayah Indonesia bagian timur dan batas wilayah Indonesia bagian selatan.

Sebagai negara kepulauan dan negara maritim, tak heran jika wilayah Indonesia menjadi tersebar dari 1 pulau ke pulau lain. Terdapat puluhan ribu pulau Indonesia yang membuat negara ini begitu beragam. Negara Kesatuan Republik Indonesia atau NKRI juga termasuk negara dengan posisi yang strategis, karena diapit oleh 2 benua (Benua Asia dan Benua Australia) serta diapit 2 samudera (Samudera Hindia dan Samudera Pasifik). Letak Indonesia yang strategis juga mempengaruhi kondisi ekonomi, sosial dan budaya dari Indonesia.

Terdapat beberapa negara tetangga yang berbatasan dengan Indonesia. Batas wilayah Indonesia dengan negara lain pun bisa dibedakan menjadi dua yaitu batas daratan Indonesia atau pun batas laut Indonesia. Jika dihitung berdasarkan batas daratan Indonesia, maka ada 3 negara yang berbatasan langsung dengan Indonesia. Sedangkan jika dihitung berdasarkan batas laut Indonesia, setidaknya ada 7 negara yang berbatasan dengan Indonesia.

Wilayah perbatasan Indonesia dengan negara tetangga memang sudah ditentukan terlebih dahulu. Hal ini untuk menghindari konflik perebutan lokasi atau pulau antar negara. Sementara batas wilayah perairan biasanya mengacu pada aturan internasional yaitu Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) yaitu wilayah perairan sejauh 200 mil dari garis pantai merupakan wilayah dari negara tersebut. Biasanya perbatasan dengan negara lain ditandai dengan suatu tanda atau patok tertentu serta dijaga beberapa tentara perbatasan.

Berdasarkan jenisnya terdapat 2 batas negara Indonesia yaitu batas geografis Indonesia dan batas astronomis Indonesia. Batas wilayah Indonesia secara geografis bisa dilihat dari kondisi geografisnya secara langsung misalnya seperti perbatasan negara atau perbatasan perairan. Sedangkan batas wilayah Indonesia secara astronomis bisa dilihat dari letak Indonesia berdasarkan garis lintang dan garis bujur, yaitu garis khayal dalam peta atau globe yang membagi dunia baik secara horizontal atau vertikal.

Untuk batas negara Indonesia secara geografis juga ditentukan dari 4 arah mata angin, yang meliputi batas negara Indonesia bagian utara, batas negara Indonesia bagian timur, batas negara Indonesia bagian barat dan batas negara Indonesia bagian selatan. Dengan karakteristik lokasi yang unik, Indonesia memiliki batas yang meliputi banyak negara tetangga dan beberapa wilayah laut perairan sekitar.

Batas Wilayah Indonesia Secara Geografis

Pertama akan dibahas mengenai batas negara Indonesia berdasarkan letak geografis. Batas negara Indonesia ini bisa berupa batas daratan Indonesia atau batas laut Indonesia. Berikut ini batas batas Indonesia secara geografis meliputi batas wilayah Indonesia sebelah utara, batas wilayah Indonesia sebelah timur, batas wilayah Indonesia sebelah barat dan batas wilayah Indonesia sebelah selatan selengkapnya.

Batas Wilayah Indonesia Bagian Utara

Indonesia memiliki batas darat dan batas laut di bagian utara. Batas daratan Indonesia bagian utara berbatasan langsung dengan negara Malaysia, tepatnya di Pulau Kalimantan (Borneo). Sedangkan batas laut Indonesia bagian utara berbatasan dengan wilayah perairan beberapa negara tetangga misalnya yaitu Filipina, Singapura, Malaysia, Thailand dan Vietnam yang meliputi perairan Selat Malaka dan Laut Cina Selatan.

Batas Wilayah Indonesia Bagian Barat

Indonesia hanya memiliki batas laut saja di bagian barat. Batas laut Indonesia bagian barat berbatasan dengan wilayah Samudera Hindia serta perairan negara India.

Batas Wilayah Indonesia Bagian Timur

Indonesia memiliki batas darat dan batas laut di bagian timur. Batas daratan Indonesia bagian timur berbatasan langsung dengan negara Papua Nugini , tepatnya di Pulau Papua (Irian Jaya). Sedangkan batas laut Indonesia bagian timur berbatasan dengan wilayah perairan Samudera Pasifik.

Batas Wilayah Indonesia Bagian Selatan

Indonesia memiliki batas darat dan batas laut di bagian selatan. Batas daratan Indonesia bagian selatan berbatasan langsung dengan negara Timor Leste, tepatnya di Pulau Timor. Sedangkan batas laut Indonesia bagian selatan berbatasan dengan wilayah perairan negara Australia yang meliputi perairan Samudera Hindia.

Batas Wilayah Indonesia Secara Astronomis

Batas astronomis Indonesia dihitung berdasarkan letak Indonesia pada garis lintang dan garis bujur. Garis lintang adalah garis khayal yang melingkari bumi secara horizontal, sedangkan garis bujur adalah garis khayal yang melingkari bumi secara vertikal dan menghubungkan kutub utara dan kutub selatan.

Letak negara Indonesia secara astronomis berada di antara 6 derajat lintang utara sampai 11 derajat lintang selatan serta di antara 95 derajat bujur timur sampai 141 derajat bujur timur. Penulisan batas Indonesia secara astronimis adalah 6˚LU – 11˚LS serta 95˚BT – 141˚BT. Indonesia termasuk negara yang dilalui oleh garis khatulistiwa atau garis ekuator karena wilayahnya mencakup lintang utara dan lintang selatan.

Letak Indonesia secara astronomis ini juga mempengaruhi zona iklim di Indonesia yang termasuk iklim tropis karena berdekatan dengan garis khatulistiwa. Selain itu zona waktu Indonesia dibagi menjadi 3 waktu yaitu WIB (Waktu Indonesia Barat), WITA (Waktu Indonesia Tengah) dan WIT (Waktu Indonesia Timur) karena letak garis bujur yang mencapai 15 bujur barat.

Nah itulah ilmu geografi dan info pengetahuan mengenai batas batas wilayah negara Indonesia baik batas wilayah Indonesia secara geografis maupun astronomis yang meliputi batas di sebelah utara, barat, timur dan selatan. Batas wilayah Indonesia dengan negara lain memang telah ditentukan dan ditandai agar tidak terjadi konflik sengketa lokasi dengan negara tetangga.

Sumber: www.daftarinformasi.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s