Zona Berita

KTT ASEAN: Damai Di Laut China Selatan

ZONADAMAI.COM: Kesepakatan terkait sengketa Laut China Selatan (LCS) merupakan hasil penting yang dicapai pada di Manila, Filipina, selain upaya  penanggulangan terorisme serta krisis kemanusiaan di negara bagian Rakhine, Myanmar.

Di hari terakhir pertemuan, Selasa (14/11) selaku Ketua ASEAN, Presiden Filipina Rodrigo Duterte menyebutkan, ASEAN dan China sepakat dalam negosiasi kode tatacara berperilaku (Code of Conduct – COC) terkait sengketa di wilayah LCS.

China sepakat untuk memulai negosiasi COC dan menyatakan bersedia mematuhi keputusan apa pun yang diambil dalam negosiasi termasuk untuk tidak membatasi akses ke wilayah perairan dan koridor udara di LCS.

Kesepakatan yang dicapai, menurut Duterte, dilandasi atas kesamaan pandang terkait perlindungan bagi warga negara masing-masing, sementara COC ke depan juga akan mengatur perilaku negara pengklaim LCS yakni China, Brunei, Malaysia, Filipina dan Vietnam serta negara lain yang tidak memiliki klaim atas wilayah tersebut.

Kekhawatiran terhadap aksi-aksi terorisme yang disampakan oleh seluruh pemimpin negara ASEAN dalam pertemuan itu juga mendorong tekad untuk bersama-sama menanggulanginya.

Terkait isu Rohingya, RI bersama negara ASEAN lainnya mendorong penuntasan MOU antara Myanmar dan Bangladesh terkait repatriasi pengungsi dari negara bagian Rakhine, Myanmar tersebut.

Presiden RI Joko Widodo dalam forum pleno KTT mengungkapkan keprihatinan pemerintah dan rakyat Indonesia atas krisis kemanusiaan di Rakhine, Myanmar yang memicu gelombang ratusan ribu pengungsi Rohingya ke Bangladesh.

Jokowi memahami kompleksitas isu Rakhine, namun demikian ia mengajak para pemimpin anggota dan mitra ASEAN untuk mengakhiri krisis kemanusiaan tersebut.

Menurut dia, harus ada kepercayaan dan solidaritas di antara negara-negara ASEAN, karena semakin lama dibiarkan, persoalan Rohingya akan kian berdampak pada keamanan dan stabilitas kawasan termasuk munculnya radikalisme dan praktek jual beli manusia. “Kita harus bergerak bersama, “ ajak Jokowi.

Sumber: kbknews.id

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s