Zona Berita

Ketimpangan Yang Masif: Alasan Jokowi Bangun Infrastruktur Di Seluruh Tanah Air

ZONADAMAI.COM: Ketimpangan antara Pulau Jawa ‎dengan daerah lainnya di Indonesia menggugah nurani Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk membangun infrastruktur di seluruh Tanah Air.

Presiden Jokowi memastikan, telah menghitung seluruh resiko yang ada saat memutuskan untuk membangun infrastruktur di seluruh daerah Indonesia. Hitungan tersebut mencakup timbal balik politik dan ekonomi yang akan didapat pemerintah.

“Saya sudah menghitung semua risiko ketika memutuskan sebuah kebijakan. Kalau saya mau hitung-hitungan timbal balik politik dan ekonomi, ya membangun infrastrukturnya di Pulau Jawa saja,” kata Jokowi seperti dikutip dari akun resmi Facebooknya, Senin (13/11/2017).

‎Kepala Negara menilai, membangun Pulau Jawa tidak akan memakan anggaran besar. Selain itu, keuntungan ekonomi yang dapat akan jauh lebih cepat. “Praktis saya tak butuh anggaran banyak bila berfokus di Pulau Jawa. Tinggal membangun koridor ekonomi di bagian utara dan selatan sudah beres. Lebih-lebih keuntungan ekonominya jauh lebih cepat kembali k‎etimbang membangun infrastruktur di daerah,” jelasnya.

Menurut mantan Gubernur DKI Jakarta itu, alasan pemerintah membangun infrastruktur lantaran ketimpangan di Indonesia telah sangat parah. Itu diketahuinya setelah melakukan blusukan mulai dari Sabang hingga Marauke, dari Miangas sampai Pulau Rote.

“Namun, setelah blusukan dari Sabang sampai Marauke, saya menyaksikan ketimpangannya sangat parah,” ujarnya.

Fokus pembangunan infrastruktur itu diketahui setelah Kepala Negara menandatangani Perpres Nomor 3 Tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional. Adapun sebanyak 225 proyek yang tersebar di seluruh negeri ditargetkan harus tuntas pada tahun 2018.

Sumber: okezone.com

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s