Zona Berita

Papua Mulai Siapkan Venue PON 2020

Mimika Sport Complex salah satu venue yang dipersiapkan untuk penyelenggaraan PON 2020 di Papua.

ZONADAMAI.COM: Bertindak sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020, Papua tengah mempersiapkan venue untuk 38 cabang olahraga (cabor) yang akan dipertandingkan. Arena-arena tersebut tersebar di kabupaten dan kota di wilayah Provinsi Papua.

Wakil I Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Suwarno mengatakan 38 cabor itu terbagi di Merauke, Biak, Wamena, Mimika, Kabupaten Jayapura, dan Kota Jayapura. Namun jumlah cabang itu belum final karena menyesuaikan proses pembangunan arena.

“Jumlah cabor dalam penyelenggaraan PON 2020 menyesuaikan kesiapan arena pertandingan menyusul proses pembangunan infrastruktur di Papua. Jadi bisa bertambah atau berkurang dari 38 cabang jika arena olahraga belum siap untuk menggelar pertandingan. Jika Papua telah menyiapkan arena pertandingan, akomodasi, serta atlet-atletnya, mereka dapat menambah jumlahnya,” kata dia selepas menutup Rapat Koordinasi dan Konsultasi 2017 KONI Pusat di Jakarta, Selasa (31/10).

Pembangunan venue tidak serta-merta diserahkan kepada pemerintah Papua. Menurut Suwarno, sesuai dengan keinginan Papua, pemerintah pusat akan turun tangan untuk membantu pembangunan beberapa venue.

Pembangunan arena-arena baru itu akan menjadi prioritas yang menjadi tanggung jawab KONI Pusat dan Pemda Papua dan mulai dilaksanakan tahun depan. Pada 2019, pembangunan memfokuskan renovasi venue-venue yang telah ada dan disesuaikan dengan jumlah cabang.

“Pemerintah pusat nantinya akan membantu membangun lima venue, mencakup kolam renang, velodrom, hoki, kriket, serta Istora untuk venue bulutangkis di Papua. Ini rencana tersebut akan dibangun di Kabupaten Jayapura tepatnya di Kampung Doyo maupun Kampung Harapan. Semoga semuanya berjalan dengan lancar,” harap Suwarno.

Dijelaskan, Papua bakal mempercepat pembangunan arena pertandingan pada tahun depan. Sedangkan satu tahun sebelum PON digelar, mereka akan menyelesaikan revonasi bangunan. Prioritas pada 2018 adalah menyelesaikan bangunan baru. Kemudian pada 2019 merenovasi bangunan yang ada sesuai kebutuhan.

 

Sumber : beritasatu.com
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s