Zona Berita

Dua Dimensi Ancaman Utama NKRI

ZONADAMAI.COM: Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu mengatakan, dinamika perkembangan lingkungan strategis baik global, regional maupun nasional dewasa ini telah mengisyaratkan tantangan yang besar dan kompleks bagi pertahanan negara khususnya dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan wilayah.

“Tantangan tersebut kemudian berevolusi menjadi ancaman strategis terhadap kedaulatan negara, keutuhan NKRI dan keselamatan bangsa serta akan semakin berkembang menjadi multidimensional, fisik dan nonfisik, serta berasal dari luar dan dari dalam negeri,” ujar Ryamizard dihadapan ratusan ulama dalam kegiatan ‘Halaqoh Nasional Ulama Pesantren dan Cendikiawan Dakwah Aswaja Bela Negara’ di Pesantren Al Hikam, Beji, Kota Depok, Selasa (31/10/2017).

Ia menambahkan, potensi ancaman terhadap NKRI terbagi menjadi dimensi ancaman utama, yang pertama adalah ancaman belum nyata, yaitu ancaman perang terbuka antar negara. “Namun demikian, kita harus tetap perlu waspada dengan penyiapan dan pengembangan Alutsista yang memiliki efek gentar tinggi mengingat dimensi ancaman belum nyata ini dapat berevolusi menjadi ancaman yang nyata ketika kepentingan dan kehormatan negara kita terusik,” tegasnya.

Dimensi ancaman kedua, lanjut dia, menjadi prioritas untuk ditangkal yaitu ancaman yang sangat nyata yang sedang dan kemungkinan dapat dialami oleh negara-negara kawasan baik secara sendiri-sendiri atau yang bersifat lintas negara. “Sebut saja ancaman terorisme, radikalisme, separatisme dan pemberontakan bersenjata, bencana alam, pelanggaran wilayah perbatasan, pencurian sumber daya alam, wabah penyakit, perang siber dan intelijen serta peredaran dan penyalahgunaan narkoba,” jelas dia.

Menurut dia, sejalan dengan dinamika evolusi tantangan diatas, maka diperlukan suatu konsep sistem pertahanan negara khas Indonesia yang efektif dan tepat sasaran guna menangkal semua potensi ancaman tersebut.

“Desain strategi pertahanan tersebut adalah strategi pertahanan rakyat semesta. Oleh karena itu pembagunan sistem pertahanan negara telah diarahkan dengan mengedepankan perpaduan antara pengembangan kekuatan non-fisik atau jiwa bangsa Indonesia melalui kesadaran bela negara yang didukung oleh kekuatan TNI beserta Alutsistanya,” katanya.

Sumber: okezone.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s