Zona Berita

Foto-Foto Unik Kirab Kebangsaan Bogor

Kirab Kebangsaan Bogor-7

ZONADAMAI.COM – Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda tahun 2017, Taruna Merah Putih di Kota Bogor, Minggu (29/10/2017),  menggelar kegiatan bertajuk Kirab Kebangsaan. Kegiatan ini diawali dengan jalan sehat bersama yang dimulai dari kantor Balai Kota Bogor di Jalan Ir H Juanda dan berakhir di GOR Pajajaran Kota Bogor di Jalan Pemuda, Kota Bogor.

Kirab Kebangsaan Bogor-4

Tampak ribuan warga Kota Bogor, termasuk para Ketua RT, Ketua RW dan anggota PKK se-Kota Bogor mengikuti kegiatan dengan tema “Mem-Pancasila-kan Kota Bogor” ini. Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto, Ketua Umum ormas sayap PDIP, Taruna Merah Putih, Maruarar Sirait dan Ketua DPC PDIP Dadang Danubrata ambil bagian dalam kegiatan ini.

Kirab Kebangsaan Bogor-2

Beragam kesenian dari berbagai daerah ditampilkan untuk memeriahkan Kirab Kebangsaan dengan tema ‘Mempancasilakan Kota Bogor’ ini. Seni tari dari daerah Bogor dan Kalimantan serta pertunjukan barongsai juga membuat Kirab Kebangsaan di Kota Bogor jadi semakin ramai.

Kirab Kebangsaan Bogor-3

Maruarar Sirait mengajak seluruh warga Kota Bogor untuk terus mengaplikasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Dia ingin Pancasila tumbuh dan terus dipertahankan oleh segala kalangan warga Bogor.

“Kirab Kebangsaan ini temanya ‘Mempancasilakan Kota Bogor’. Bukan berarti Kota Bogor belum Pancasilais, tapi kita ingin masyarakatnya terus mempertahankan nilai-nilai Pancasila. Kita ingin Indonesia semuanya, rakyatnya, mahasiswanya, buruhnya, pekerjanya, pelajarnya, itu lahir bathin hidupnya dengan dasar Pancasila,” kata Maruarar Sirait dalam sambutannya, Minggu (29/10/2017).

Kirab Kebangsaan Bogor-8

Menurutnya, saat ini ada ideologi lain yang tengah berupaya dimasukkan ke dalam Indonesia. Dia mengajak warga untuk tidak diam dan melawan ideologi tersebut dengan semangat Pancasila.

“Kita tahu ada upaya-upaya yang mau memasukkan ideologi lain, kita tahu dengan cara menawarkan ideologi kekerasan, terorisme, radikalisme, intoleran, itu terjadi dimana-mana di Indonesia. Apakah kita harus diam? artinya Taruna Merah Putih mengajak semua anak muda, untuk menggelorakan semangat Pancasila. Kita lawan terorisme, kita lawan radikalisme, kita tidak takut, kita tidak diam,” kata Maruar.

Kirab Kebangsaan Bogor-9

Marurar Sirait menyebut, saat ini memang masih terjadi kesenjangan di banyak daerah di Indonesia. Tapi, kata Maruarar, Presiden Joko Widodo saat ini terus melakukan upaya untuk memeratakan kesejahteraan rakyat Indonesia.

“Jokowi mengakui ada kesenjangan, tapi Jokowi terus melakukan solusi. Banyak program Jokowi untuk menjawab kesenjangan itu, ada Kartu Indonesia Sehat, Kartu Indonesia Pintar, anggaran untuk pembangunan desa dengan jumlah yang besar, dan lainnya. Jadi terus dukung Jokowi, dukung pemerintah Indonesia,” katanya.

Kirab Kebangsaan Bogor-5

Dalam sambutannya, Bima Arya mengajak warganya untuk tetap menjaga keberagaman dan perdamaian di Kota Bogor. Karena menurutnya, Kota Bogor merupakan wilayah yang selalu damai dalam keberagaman.

“Keberagaman itu keharusan, perbedaan itu kewajaran, tapi persatuan dan kebersamaan harus terus kita perjuangan, itulah kenapa kita ada disini. Warna boleh berbeda, agama juga mungkin berbeda, selera sudah pasti beda, tapi bersama kita akan selamanya,” kata Bima di depan ribuan warganya. [detik.com]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s