Zona Berita

3 Tahun Pemerintahan Jokowi JK, Ini dia yang sudah di capai

joko Widodo dan Muhammad Jusuf Kalla , Presiden dan wakil Presiden Republik Indonesia

ZONADAMAI.COM: 20 Oktober 2017 genap 3 tahun Jokowi Widodo ( Jokowi ) dan Jusuf Kalla ( JK )  menjabat sebagai Presiden RI. Cukup banyak yang sudah di lakukan Jokowi-JK bersama kabinet Kerja Bersama, mulai dari pembangunan pada pengembangan infrastruktur dan dalam berbagai bidang ekonomi lainnya.

Pemerintah telah membangun 2.000 kilometer jalan nasional, 568 kilometer jalan tol, 2,2 juta unit rumah, 900 hektare irigasi, 9 unit irigasi, selama masa 3 tahun masa pemerintahan Jokowi Jk. Dengan infrastruktur yang sudah di bangun , maka investasi mulai berdatangan masuk dalam bidang pariwisata dan ekonomi

Keberhasilan pemerintahan Jokowi jk di bidang infrastruktur
*Selama pemerintahan Jokowi Jk , sektor pariwisata di klaim naik 1,5 kali lipat

Badan Koordinasi Penanaman Modal ( BKPM ) menyatakan, pada tahun 2013 tercatat mencapai 602 juta dollar AS atau berkontribusi sebesar 1,45 persen dari total investasi nasional.

Pada semester I thn 2017 investasi sektor ini mencapai 929 juta dollar AS atau 3,67 persen dari total investasi nasional. “Artinya, angka kontribusi yang dicapai dari investasi pariwisata bila dibandingkan dengan total investasi nasional kenaikannya mencapai 1,5 kali lipat,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya di kantor staff Presiden, Jakarta, Senin .

Arief menjelaskan, sektor pariwisata akan menjadi penghasil devisa terbesar bagi Indonesia di masa mendatang. Hal yang perlu dipersiapkan untuk mencetak devisa adalah Atraksi, Amenitas (sarana dan prasarana), dan Aksesibilitas di 10 destinasi prioritas.

*Tahun 2017 sektor Ekonomi Kreatif Kejar Target Sumbang PDB Rp 1000 Triliun

Dari data Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) kontribusi ekonomi kreatif untuk Produk Domestik Bruto (PDB) adalah Rp 852,2 triliun. Sedangkan di 2017, Bekraf menargetkan sumbangan kepada PDB mencapai Rp 1.000 Triliun lebih.

“Kami bisa meramalkan soal pertumbuhan kawasan saja dari 2014-2016 itu di akhir 2017 ini sudah bisa mencapai lebih dari Rp 1.000 triliun,” ujar Kepala Bekraf Triawan Munaf di kantor staff Presiden, Jakarta, Selasa (17/10/2017).

Untuk mencapai target tersebut, Bekraf melakukan berbagai kerjasama dengan pemerintah daerah dan berbagai Kementerian. Tujuannya untuk mendorong pengusaha ekonomi kreatif mendapat insentif dan kesempatan menjual produknya.

* keberhasilan di bidang ekonomi pada masa pemerintahan Jokowi Jk

Menurut Arif Budimanta, Wakil Ketua Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN), setidaknya ada sejumlah capaian pemerintah yang perlu diapresiasi.

“Hasilnya menunjukkan bahwa keadilan ekonomi makin baik,” ujarnya saat jadi pembicara pada acara Kaukus  Muda Indonesia di Jakarta, Kamis (19/10/2017).

Misalnya, kata Arif, capaian tersebut bisa dilihat pada angka kemiskinan. Sepanjang 2015-2017 misalnya, pemerintahan jokowi telah membebaskan 821.570 jiwa warga dari status miskin. Data Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan bahwa tingkat kemiskinan Maret 2017 sebesar 10,64 persen, jauh di bawah Maret 2015 yang masih 11,22 persen.

Tingkat ketimpangan pendapatan masyarakat juga makin berkurang. Seperti diindikasikan melalui rasio GINI, pada Maret 2017 tercatat 0,393. Padahal, pada Maret 2015 masih 0,408.

Selainitu, dalam tiga tahun, lebih dari 3 juta tenaga kerja baru telah terserap lapangan kerja.

“Tingkat pengangguran bahkan mencapai titik terendah sejak 18 tahun terakhir,” ujar Arif. [tribunnews.com]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s