Zona Berita

Perihal Keamanan: Masih Ada Celah Di Perbatasan

ZONADAMAI.COM: Asisten Direktur II Pascasarjana Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, Dr. Soehardi mengungkapkan kisahnya ketika beberapa kali pergi ke Filipina menggunakan jalur ‘imigran gelap’.

Salah satu rute yang biasa dilewati imigran baik dari Indonesia maupun dari Filipina ke Indonesia adalah melalui Kalimantan Utara, tepatnya mulai dari Pulau Nunukan, lantas menyeberang ke Pulau Sebatik dan ke Pulau Semporna, Sabah Malaysia hingga akhirnya ke pulau-pulau kecil Filipina.

“Pemerintah kita kurang perhatian dengan perbatasan, sehingga TNI-nya ada celah di sana. Misalkan di perbatasan perairan, di sana tidak ada radar, sehingga ketika ada kapal yang datang maupun keluar tidak terdeteksi,” ungkap Soehardi dalam diskusi P2P-LIPI ‘Updating Gerakan ISIS di Filipina Selatan’, Selasa (24/10/2017).

Ia pun sempat bergurau bahwa di perbatasan para tentara itu hanya memiliki ‘Darmo’ atau Radar Moto (mata, red). Dan itu memiliki kelemahan mata tidak bisa 24 jam terbuka terus menerus.

“Jadi orang yang biasa lewat sana itu sudah tahu jam-jam lengahnya, misal sudah di atas jam 10 malam itu disebutkan mata TNI dan Polri sudah tidur,” ungkap Soehardi.

Masalah lain yang tak kalah serius dan perlu perhatian khusus dari pemerintah disebutnya adalah masalah pengejaran kapal imigran.

“Kapal speedboat kita (TNI, red) misal, hanya punya kecepatan maksimal 5 knot, sedangkan yang dipakai para penjahat itu maksimal bisa 15 sampai 30 knot. Ya jauh gak kekejar, dong,” kata dosen yang pernah mengambil gelar S2 dan S3 di Filipina ini.

Ia pun meminta pemerintah untuk serius menangani hal ini, setidaknya untuk memenuhi kebutuhan kemajuan teknologi di perbatasan.

Sumber: kiblat.net

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s