Zona Berita

Pertahankan Politik Bebas Aktif Dalam Merespon Tantangan Global

ZONADAMAI.COM: Pendiri Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI) Dino Patti Djalal mengatakan politik luar negeri bebas aktif masih akan relevan pasca perang dingin. Indonesia diminta tetap mempertahankan politik bebas aktif agar bisa bermanuver merespon tantangan global.

“Sebagai negara middle power, Indonesia bisa gesit berdiplomasi dengan negara besar dan kecil, ” ujar Dino di Jakarta, Rabu.

Namun Dino mengatakan politik bebas aktif saja tidak cukup. Setidaknya Indonesia juga harus kreatif dalam berdiplomasi.

“Kalau bebas aktif saja itu mudah seperti kita datang ke pertemuan-pertemuan PBB dan ASEAN. Tapi kalau kreatif lebih kepada  konten dan leadershipnya,” kata mantan Wakil Menteri Luar Negeri ini.

Dino menjelaskan Indonesia bisa berperan besar mengakhiri konflik global saat menerapkan politik bebas aktif dan kreatif. Indonesia akan memiliki nilai tambah sebagai pemain untuk menciptakan perdamaian dunia.

Soal dorongan agar Indonesia masuk ke salah satu blok, Dino mengatakan hal itu bergantung dalam konteks kerjasama apa yang ingin dilakukan. Kalau masuk ke kubu militer memang tidak bisa. Tidak mungkin jika Indonesia bersekutu  secara militer dengan Amerika atau bekerja sama militer dengan Tiongkok.

Namun jika Indonesia ingin melakukan kerjasama strategis antar negara, maka hal itu bisa  saja dilaksanakan.

“Kerjasama itu bisa di bidang pertahanan, intelijen, dialog antar pejabat tinggi. Intinya Indonesia tidak bisa mendekat ke salah satu kubu,” tukas dia.

Sumber: http://aa.com.tr/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s