Zona Berita

Merah Putih Tergadai Di Perbatasan

ZONADAMAI.COM: “Merah Putih Tergadai di Perbatasan” merupakan buku hasil karya anggota DPRD Nusa Tenggara Timur (NTT) dari Fraksi Partai Demokrat, Winston Neil Rondo yang berisi tentang pengalaman empirik selama menjadi aktivis di Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) selama 15 tahun, terutama pada masa exodus pasca jajak pendapat di Timor Leste.

Salah satu penulis buku “Merah Putih Tergadai di Perbatasan” (Meneropong Indonesia dari Sudut Orang Muda), Winston Neil Rondo pada acara Ngobrol InsPiratif Bareng Winston Rondo di Kupang, Selasa (10/10/2017) mengatakan, buku ini berisi tentang kondisi riil masyarakat di perbatasan RI – Timor Leste.

Winston mengatakan, masalah perbatasan menjadi isu yang sangat seksi. Karena memendam banyak persoalan krusial tentang lemahnya kehidupan sosial ekonomi warga hingga lunturnya rasa nasionalisme mereka terhadap negaranya sendiri. Pemerintah harus memiliki perhatian serius terhadap kondisi riil di perbatasan.

“Kami memakai kata “Tergadai” dalam judul buku ini sebagai bentuk peringatan kepada pemerintah untuk mawas diri, sehingga persoalan yang tidak diinginkan terjadi di beranda NKRI,” kata Winston.

Dia mengungkapkan, sejatinya, persoalan sosial ekonomi dan nasionalisme adalah persoalan anak bangsa, bukan persoalan orang per orang atau persoalan para pejabat saja. Artinya, agar kesadaran ini bukan sekadar mitos, semua stakeholder, semua warga, dan semua lembaga harus terlibat dan bertanggung jawab di dalamnya. Oleh karena itu, dengan hadirnya buku “Merah Putih Tergadai di Perbatasan” ini diharapkan dapat mendorong semangat warga bangsa untuk membangkitkan asa kaum muda Indonesia.

Mantan Ketua GMKI Cabang Kupang ini menyampaikan, buku yang diterbitkan PT Elex Media, Kompas Gramedia Jakarta bertujuan untuk menggali kekayaan intelektual dan wawasan kebangsaan kaum muda sesuai dengan bidang karya dan ilmu yang mereka dalami. Memberi kontribusi bagi pembangunan bangsa dan membagikan dinamika kekayaan wawasan perjuangan idealisme kaum muda dalam mengisi perjuangan para founding fathers bangsa.

Winston berargumen, yang paling penting dilakukan adalah bagaimana menumbuhkan kembali nasionalisme tersebut. Di bidang korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN), misalnya, mesti dipotong dalam satu genarasi. Itulah penyakit yang sejak reformasi sudah diketahui tetapi tidak gampang dibasmi.

“Demi nasionalisme berjalan on the track, kita harus mengikuti arahan reformasi,” tandas Winston.

Diungkapkannya, pada bagian terakhir dari buku, diharapkan agar gelora gagasan yang disajikan dalam buku ini, dikelola dengan baik oleh pemangku yang berkepentingan. Sehingga niscaya Indonesia bisa menjadi negara terhormat. Ada sekurang-kurangnya tiga prasyarat Indonesia bisa menjadi negara terhormat, yakni sumber daya alam, sumber daya manusia, dan prasyarat lainnya.

“Buku ini akan mengupas hal-hal di seputar nasionalisme agar generasi muda lebih sadar akan perannya di zaman yang kian maju ini,” tegas Winston.

Pemandu acara Ngobrol Inspiratif Bareng Winston Rondo, Raimundus Tokan menyampaikan, buku yang ditulis ini mau menegaskan bahwa Winston Rondo tidak sekedar seorang wakil rakyat yang menghabiskan waktu untuk menyelesaikan paripurna dan sidang resmi lain di DPRD NTT. Semangat muda yang terus menggelora, membuat politisi muda ini sukses menggugah semua orang lewat bukunya yang berjudul “Merah Putih Tergadai di Perbatasan”. Maha karya ini digali dari pengalaman empirik selama menjadi aktivis di LSM.

Dia menambahkan, acara ini diselenggarakan oleh komunitas NTTnesia. Masalah perbatasan menjadi isu yang sangat seksi, karena memendam banyak persoalan krusial tentang lemahnya kehidupan sosial ekonomi warga hingga lunturnya rasa nasionalisme mereka terhadap negaranya sendiri.

Berangkat dari pengalaman empirik serta beberapa kajian dari hasil diskusi semenjak menjadi aktivis di NGO, Winston Neil Rondo akhirnya memantik perhatian semua orang terutama pemerintah untuk serius memperhatikan masalah tersebut melalui buku yang akan di launching dan dibedah pada 28 Oktober 2017 mendatang.

Sumber: nttonlinenow.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s