Zona Berita

Jajaki Kerjasama, Pemkab Timor Tengah Selatan, NTT, Bertandang ke Pemprov Papua

Sekda Prov Papua dan Bupati TTSBupati TTS dan rombongan diterima Sekda Prov Papua, Hery Dosinaen yang juga kelahiran NTT.

ZONADAMAI.COM – Pemerintah Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) mengungjungi Pemerintah Provinsi Papua.

Dalam kunjungannya ke Jayapura, Senin (02/10/2017), Bupati TTS Paulus Victor Rolland Mella didampingi Ketua DPRD dan sejumlah pejabat struktural di lingkungan pemerintahannya mengatakan kepada pers bahwa banyak warga asal daerahnya yang bekerja dan mengabdi di Papua terutama di bidang pendidikan, melalui program guru kontrak yang tersebar di 10 Kabupaten di Papua.

Selain itu, dilihat dari sejarah masa lalu, pada era 70-an, banyak warga asal NTT yang datang dan akhirnya turun temurun sampai sekarang menetap di tanah Papua.

Adapun maksud kunjungannya, ucap Bupati, selain untuk menawarkan program kerjasama dengan Pemerintah Provinsi Papua sekaligus guna melihat secara langsung kondisi real di Papua, mengingat banyak cerita tentang Papua yang menyebutkan Papua tidak aman.

“Kedatangan kami ini  adalah untuk silaturahmi antar NTT dan Papua. Dimana sejarah juga mencatat pada tahun 70an bahwa banyak warga kami yang datang dan mengabdi di Papua terutama di daerah pedalaman. Kalau kita dengar dari cerita papua tidak aman, ternyata setelah kami hadir disini itu tidak dirasakan. Dari atas pesawat kita lihat ke bawah pegunungan hijau itu terlihat damai sekali,” ungkapnya.

Dalam kunjungan ini, lanjutnya, sekaligus untuk bertatap muka dengan warga asal NTT yang ada dan bekerja di daerah ini.

Sementara itu, Sekertaris Daerah Papua, Hery Dosinaen menyampaikan apresiasi atas kunjungan Bupati Timor Tengah Selatan dan rombongan.

Menurut Sekda, terkait dengan program kerjasama bidang pendidikan saat ini sudah berjalan dan hasil evaluasinya sungguh sangat luar biasa.

“Mungkin karena sesama ras melanesia, sehingga para guru ini betah dengan bekerja baik walaupun dengan situasi kondisi daerah yang sulit tapi mereka bekerja dengan hati di daerah terpencil khususnya di daerah pegunungan,” ungkapnya.

Kata Sekda, mewakili pemerintah daerah provinsi Papua ke depan untuk program bidang pendidikan ini juga akan didorong melalui Pemerintah kabupaten dan Kota.

“Kita sudah alokasikan 80 persen ke kabupaten kota yang termasuk di dalamnya 30 persen bidang pendidikan. Dan ini sudah ditindaklanjuti secara luas sehingga apa yang kita cita citakan, komitmen bidang pendidikan dalam kontrak ini bisa terakomodir dengan baik dan tentunya mendidik mengasuh anak anak kita adalah satu pendidikan dasar yang kuat dan kokoh untuk pengembangan ke masa depan,” tandasnya.[*]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s