opini

Jokowi Seorang Pancasilais Itu Tak Terbantahkan

ZONADAMAI.COM: Kemarin, tanggal 1 Oktober 2017, bangsa Indonesia memperingati Hari Kesaktian Pancasila. Pancasila merupakan ideologi dan dasar negara Republik Indonesia. Untuk itu, Kesaktian Pancasila harus lah dimaknai sebagai wujud nyata dalam konteks pembangunan nasional dan ideologi bangsa.

Menurut Deputi I Kepala Staf Kepresidenan, Darmawan Prasodjo, Presiden Joko Widodo selama memimpin pemerintahan negara, telah menjalankan tugasnya dengan semangat Pancasila.

“Pernyataan Prof. Dr. Subroto yang menyatakan “Presiden Jokowi itu sangat Pancasilais” merupakan sebuah pernyataan yang berdasar pada realita yang ada,” ujar Darmawan Prasodjo dalam salah satu tulisannya yang berjudul ‘Nilai Luhur Pancasila dalam Rancangan dan Aksi Pembangunan Jokowi’ beberapa waktu lalu.

Darmo, begitu biasa ia disapa, menjelaskan, semangat Pancasila Presiden Jokowi terlihat pada kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan seperti kebijakan satu harga BBM di Papua, pemberian sertifikat tanah warga kepada pemilik, pemberian akses lapangan kerja bagi masyarakat kecil, rehabilitasi sarana pendidikan dan kesehatan, serta yang tidak kalah pentingnya adalah pembangunan infrastruktur yang merata.

“Dengan cara pandang baru ini, pemerintah menempatkan pembangunan di perbatasan sebagai investasi untuk menciptakan simpul-simpul kokoh yang dapat menjadi rantai pemersatu dan pengikat Negara Kesatuan Republik Indonesia. Presiden Jokowi memprioritaskan pembangunan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) yang layak, sekaligus sentra-sentra ekonomi baru di wilayah tersebut, sehingga dapat menjadi daya ungkit pembangunan ekonomi kawasan perbatasan,” kata Darmo melanjutkan.

Menurutnya, diskusi konsep pembangunan berbasis ideologi tidak dapat berhenti pada retorika dan catatan di atas kertas semata. Landasan ideologis yang telah diletakkan oleh para pendiri bangsa harus dapat dijalankan menjadi sesuatu yang nyata.

“Presiden Jokowi telah memperlihatkan, bagaimana ruh gotong royong yang merupakan ekstraksi dari lima sila Pancasila mampu bernavigasi di tengah kekinian era milenial. Diperlukan tekad yang kuat dan semangat kerja ekstra dari semua komponen bangsa guna mewujudkan pembangunan nasional yang berkeadilan,” imbuhnya.

Sumber: jitunews.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s