Zona Berita

PERKEMBANGAN INFRASTRUKTUR INDONESIA YANG SEMAKIN MEMBAIK

infrastruktur 1

JAKARTA – Perkembangan infrastruktur Indonesia semakin bagus. Hal ini terlihat pada pembangunan infrastruktur yang semakin cepat baik di ibukota maupun luar daerah, salah satunya yang terbaru adalah Jalan tol Semarang – Solo seksi III ruas Bawen – Salatiga.

Hal ini terlihat dari hasil kerja Pemerintah saat ini, kata Iwan Sunito, Group CEO dan Komisaris Crown Group, sebuah perusahaan pengembang berbasis di Sydney menuturkan, hal tersebut adalah kebijakan tepat yang dijalankan terutama di wilayah Jakarta.

“Meski bertujuan untuk menjawab permasalahan transportasi di Ibu Kota, namun hal ini juga berdampak pada percepatan pertumbuhan hunian di Jakarta. Contohnya bisa terlihat dari banyaknya hunian vertikal yang tumbuh di sepanjang jalur MRT dan LRT yang rencananya akan beroperasi tahun 2019,” imbuhnya.

Hunian vertikal ini, lanjutnya, diklaim mampu melahirkan tren baru di mana para pengembang berlomba-lomba membangun proyek terintegrasi transportasi massal. Di satu sisi, kondisi tersebut dapat mendorong percepatan pertumbuhan sektor properti di Indonesia.

“Perlu diingat juga berdasarkan laporan Departemen Ekonomi dan Sosial PBB pada tahun 2014 mengenai tren urbanisasi global, diproyeksikan 66% penduduk dunia akan tinggal di daerah urban pada tahun 2050. Ini bisa jadi lonjakan yang sangat tinggi jika dibandingkan persentase penduduk dunia yang tinggal di daerah perkotaan pada tahun 1950 hanya mencapai 30%,” papar Iwan.

“Sebuah konsep yang mungkin tidak akan laku terjual pada 20 atau 30 tahun lalu, di mana semua orang menghindari memiliki hunian yang berdekatan dengan jalur kereta,” tambahnya.

Keadaan di Australia

Perkembangan yang dilakukan Pemerintah Indonesia kini, lanjut Iwan, sangat mirip dengan yang terjadi di negara tetangga, Australia.

Bila dibandingkan dengan Australia, keadaan yang dihadapi Indonesia dalam segala aspek sangatlah mirip, meskipun Australia telah melakukannya lebih awal.

“Contohnya, semenjak Australia terkhusus Pemerintah Negara bagian NSW (New South Wales) melakukan kebijakan pembangunan infrastruktur, banyak sekali pemukiman baru yang muncul baik itu hunian tapak maupun vertikal yang tumbuh di sepanjang jalur transportasi,” paparnya.

Tak pelak sampai sekarang Kota Sydney diibaratkan sebuah jaringan laba-laba raksasa yang menghubungkan seluruh daerah dengan pusat kota. Maka dari itu, hal ini menjadi salah satu faktor utama yang mendukung pertumbuhan industri properti di wilayah tersebut.

“Kami selaku pemain dalam industri properti tentu saja menyambut gembira dengan kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia saat ini. Pasalnya, langkah ini akan berdampak positif bukan saja untuk industri properti nasional, namun juga untuk masyarakat umum,” lanjutnya.

“Di mana waktu tempuh yang dibutuhkan dari rumah ke kantor maupun sebaliknya akan jauh lebih cepat dan efisien, sehingga akan membuat kualitas kehidupan masyarakat menjadi lebih baik,” tuntas Iwan. (inapex.co.id)

Advertisements

Categories: Zona Berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s