Zona Sosial

Gerakan Sholat Subuh Berjamaah Bagi Masyarakat Indonesia

GISS 1

ZONADAMAI.COM – Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF-MUI) meminta umat Islam Indonesia tetap merawat semangat persaudaraan dan GNPF-MUI berencana menggelar Safari Nasional dan Gerakan Indonesia Shalat Subuh (GISS) berjamaah. Inisiatif GISS berjamaah sangatlah cocok diterapkan di masyarakat bangsa Indonesia khususnya Jawa Barat yang mayoritas beragama Islam. Karena walaupun ajaran agama Islam begitu luhur dan penuh damai, tetapi beberapa oknum umat Islam sering lupa dan sering berbuat kegaduhan yang berujung bentrokan antar sesama. Untuk itu, kita patut mengapresiasi kepada Pemerintah Kota Bandung yang mencanangkan program GISS di Masjid Raya Provinsi Jawa Barat di Jalan Dalem Kaum, Bandung mulai Minggu tanggal 22 Januari 2017 yang lalu. Program ini diharapkan bisa membentuk sisi spiritual masyarakat sehingga bisa lebih dekat dengan sang khalik yang pada akhirnya akan tercipta individu yang beriman dan terbentuklah masyarakat yang madani.

Subuh adalah waktu pagi hari menjelang siang yang sudah diutamakan sebagai awal dari kehidupan. Banyak manfaat yang tersimpan dari sholat subuh, dengan manfaat tersebut akan terciptalah suatu kondisi dimana orang akan merasa bahagia dalam menjalani hidupnya, sukses dari segala apa yang diinginkan serta mendapatkan hikmah tersendiri bila menjalankannya. Sholat subuh memiliki berbagai manfaat dan keutamaan yang sangat luar biasa bagi siapa saja yang melaksanakannya secara rutin setiap hari, meskipun hanya dua rokaat shalat subuh menyimpan berbagai rahasia yang dahsyat, baik segi rohani, kesehatan dan kesuksesan.

Dari sisi rohani, shalat subuh mempunyai berbagai keutamaan diantaranya adalah menyelamatkan dari azab, mendapatkan pahala setara dengan pahala haji dan umrah, terbebaskan dari api neraka, terhindarnya dari kemunafikan, serta mendapatkan perindungan dari Allah SWT. Rasulullah Shallallahu’alaihi Wa Salam bersabda : “Berpagi-pagilah kalian dalam menunaikan shalat subuh karena itulah pahala yang paling mulia” (Hadist Riwayat Turmudzi). Dari sisi kesehatan sendiri bangun pagi untuk melaksanakan shalat subuh mampu menormalkan kerja syaraf dan otak, apalagi saat pagi kadar Ozon (O3) cukup tinggi yang mampu membantu aktivitas syaraf dan otak kembali membaik dan mengurangi resiko penyumbatan pembuluh darah dan serangan jantung. Sholat subuh memang bermanfaat sekali bagi kesuksesan dalam kehidupan seseorang, karena saat bangun dipagi hari sampai menjelang fajar, pintu rejeki akan dibuka oleh Allah SWT, karena itulah setelah melaksanakan sholat subuh dilarang tidur kembali dan sebaiknya sangat dianjurkan untuk memulai aktivitas berzikir, dan berdoa.

Hikmah dari sholat subuh itu sendiri tertuang dalam 1001 hikmah sholat, “Sesungguhnya amal manusia yang pertama kali dihisab pada hari kiamat adalah sholatnya”, jika sholatnya baik maka baik pula seluruh amalnya, dan jika sholatnya jelek maka jeleklah seluruh amalnya. Bagaimana mungkin seorang mukmin mengharapkan kembali kebaikan di akhirat bila pada hari kiamat bukunya kosong dari shalat subuh tepat waktu. “Sesungguhnya sholat yang paling berat bagi orang munafik adalah shalat isya dan sholat subuh. Sekiranya mereka mengetahui apa yang terkandung didalamnya, niscaya mereka akan mendatangi keduanya (Berjamaah dimasjid) sekalipun dengan merangkak” (HR Al-Bukhari dan Muslim).

Apabila seseorang mengerjakan shalat shubuh, niscaya ia akan dapati banyak keutamaan. Di antara keutamaannya adalah : (1) Salah satu penyebab masuk surga. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa sallam bersabda,  “Barangsiapa yang mengerjakan shalat bardain (yaitu shalat shubuh dan ashar) maka dia akan masuk surga.” (HR. Bukhari no. 574 dan Muslim No. 635). (2) Salah satu penghalang masuk neraka. Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa sallam bersabda,  “Tidaklah akan masuk neraka orang yang melaksanakan shalat sebelum terbitnya matahari (yaitu shalat shubuh) dan shalat sebelum tenggelamnya matahari (yaitu shalat ashar).” (HR. Muslim no. 634). (3) Berada di dalam jaminan Allah. (4) Dihitung seperti shalat semalam penuh. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang shalat isya` berjama’ah maka seolah-olah dia telah shalat malam selama separuh malam. Dan barangsiapa yang shalat shubuh berjamaah maka seolah-olah dia telah shalat seluruh malamnya.” (HR. Muslim no. 656)

Sholat subuh memang wajib yang paling sedikit rokaatnya, hanya dua rokaat. Namun shalat subuh menjadi standar keimanan seseorang dan ujian terhadap kejujuran, karena waktunya sangat sempit sampai matahari terbit, serta memiliki hukuman khusus bagi yang meninggalkan sholat subuh. Rasulullah SAW telah menyebutkan, hukuman berat bagi yang tidur dan meninggalkan shalat wajib, rata–rata penyebab utama dari seorang muslim meninggalkan shalat subuhnya adalah tidur. Gerakan shalat subuh berjamaah ini semoga bisa ditiru oleh pemerintah kota/kabupaten di daerah lain. Dan tidak hanya terlaksana awalnya saja, melainkan bisa istiqomah terlaksana tiap bulan, tiap minggu bahkan bisa dilakukan tiap hari. Sehingga, kegiatan ini tidak hanya menjadi tradisi, budaya bahkan bisa menjadi suatu kebutuhan. Semakin banyak yang melaksanakan shalat subuh berjamaah, semoga berkahnya pun semakin melimpah kepada kita semua. Amin.[*]

Advertisements

Categories: Zona Sosial

Tagged as: , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s