Zona Berita

PP Muhammadiyah kirim tim medis ke Bangladesh Bantu Rohingya

[om.jpg

Sumber: Merdeka.com

 Pimpinan Pusat Muhammadiyah melepas tim medis dengan bendera MuhammadiyahAid ke Cox’s Bazar, Bangladesh, Jumat (22/9) lalu. Tim akan bertugas untuk membantu etnis Rohingya yang membutuhkan bantuan.

Tim Medis MuhammadiyahAid yang dipimpin Dr Corona Rintawan itu berangkat dariJakarta dengan beranggotakan tiga dokter dan sembilan perawat serta personel supervisi dari Lazismu. Acting Coordinator Muhammadiyah Aid, Wachid Ridwan mengatakan tim tersebut berangkat ke Bangladesh lewat koordinasi dengan anggota MuhammadiyahAid yang telah berada di Dhaka, Bangladesh sejak 17 September.

“Tim MuhammadiyahAid bekerja sama dengan LSM lokal di Cox’s Bazar akan melakukan pelayanan kesehatan sekaligus memberikan bantuan obat-obatan dan makanan nutrisi balita,” katanya dalam keterangan pers, Minggu (24/9).

Menurut dia, ratusan ribu pengungsi Rohingya yang menempati tenda-tenda pengungsian di wilayah Cox’s Bazar, Bangladesh, hidup dalam kondisi sangat memprihatinkan. Tenda-tenda yang kurang layak membuat banyak pengungsi mulai diserang berbagai penyakit dan keluhan kelelahan fisik.

Tim akan melakukan kajian mendalam untuk bantuan kemanusiaan jangka panjang dalam penanganan nasib Muslim Rohingnya di Myanmar.

Pada Januari, MuhammadiyahAid telah melakukan peninjauan kebutuhan di Rakhine State sebelum eksodus ratusan ribu penduduk ke Bangladesh dan bertemu dengan pemerintah lokal termasuk mengunjungi lima tenda untuk memberikan bantuan.

Dia mengatakan pada Mei 2017, MuhammadyahAid kembali ke Myanmar dan bertemu dengan 14 LSM lokal, LSM internasional/PBB dan pemerintah lokal Myanmar. Selain itu, MuhammadiyahAId juga menunggu keinginan politik yang baik dari pemerintah Myanmar bagi kelangsungan Rohingya termasuk kemudahan akses untuk masuk ke Rakhine State.

“Misi kemanusiaan itu mendapatkan amanah dari masyarakat termasuk dari Lembaga Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (Lazismu) seluruh Indonesia bersama majelis dan lembaga tingkat pusat dalam bendera MuhammadiyahAid,” katanya.

Hingga Jumat pukul 13.00 WIB, Lazismu telah menghimpun dana kemanusiaan untuk Rohingya sebesar Rp 14.115.999.310,50 (sekitar USD1.051.079,62). Misi kemanusiaan itu disebutnya selaras dengan komitmen bangsa Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri Indonesia.

Kemenlu telah membuka dialog secara intensif dengan pemerintah Myanmar dan diikuti dengan pengiriman bantuan kebutuhan untuk pengungsi Rohingya.

“Secara khusus PP Muhammadiyah menyampaikan terima kasih atas partisipasi serta keikhlasan bantuan terutama dari warga dan simpatisan Muhammadiyah juga masyarakat secara umum. Bantuan kita semua insya Allah disalurkan kepada yang berhak yakni saudara-saudara kita Muslim Rohingnya,” kata dia.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s