Zona Wisata

Pemerintah Daerah Serius Atasi Kawasan Wisata Papua

Jembatan Holtekamp dilihat dari bukit Skyline.

ZONADAMAI.COM: Pemerintah Kota Jayapura mulai melakukan pengembangan kawasan pariwisata agar menarik wisatawan lokal, nasional hingga mancanegara.

Bersama tim dari Bappeda, PU, Dinas Pariwisata Kota Jayapura, dan Konsultasi Kementerian Pariwisata Indonesia, Wakil Wali Kota Jayapura, Rustan Saru melakukan pemantauan di sejumlah kawasan yang berpotensi sebagai lokasi wisata.

Beberapa lokasi wisata yang di kunjungi, yaitu di Skyline, Pantai Hamadi, Pantai Base G, Menara Pemancar RRI Jayapura, Jembatan Hamadi Holtekamp, dan mengunjungi peninggal perang dunia dunia di Pantai Hamadi tepatnya di belakang markas Lantamal X Jayapura.

“Memantau beberapa titik terkait penataan ruang tentang rencana pariwisata ke depan. Ini juga persiapan PON di Papua,” kata Rustan Satu usai melakukan peninjauan, Sabtu (23/9/17).

Agar rencana penataan lokasi wisata di Kota Jayapura berjalan dengan baik, Rustan mengatakan, harus melibatkan adat, CSR, investor agar terkelola dengan baik, namun tetap sama-sama menguntungkan.

“Bisa memberikan pemasukan bagi masyarakat. Meningkatkan PAD juga. Di Kota Jayapura ini banyak tempat yang berpotensi destinasi wisata untuk di kembangkan. Kalau di kelola secara mandiri, masyarakat tidak akan berubah. Kalau moder semakin banyak pendapatan masyarakat,” kata Rustan.

Penataan kawasan wisata dilakukan tentunya bukan hanya untuk meraup rupiah, tapi pemerintah setempat memperhatikan kerapian, keindagan, kebersihan, kenyamanan, dan keamanan.

“Pemerintah harus mendata sarana penunjang, seperti jalan, jembatan drainase termaksud WC umum. Mana yang pemerintah tanganai, mana yang swasta tangani, dan pusat tangani. Karena ada saling berkolaborasi. Sebelum pon sudah ada langkah-langkah nyata yang dilakukan. Perlu sosialisasi,” Tutup Rustan.

 

Sumber : papuanews.id
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s