opini

Jangan Bangga Sebagai Putra Papua Kalau Tidak Bisa Membangun Papua

ZONADAMAI.COM: Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Fakfak, Hermanto Hobrouw, Jumat (22/9) di gedung Aula Santo Yospeh Fakfak mengatakan, dirinya merasa prihatin dengan kondisi anak negeri khususnya anak – anak Papua, karena banyak yang mengklaim dan merasa diri hebat sebagai seorang putra asli Papua namun belum bisa bekerja secara professional.

Dikatakan sebagai anak negeri di tanah Mbaham Kabupaten Fakfak, Hermanto, sangat menjunjung tinggi setiap prestasi yang dilakukan oleh siapa saja yang hidup dan berada di Kabupaten Fakfak.

Menurutnya, membangun kabupaten yang terkenal dengan budaya Satu Tungku Tiga Batu tidak harus khusus orang putra Papua saja melainkan karena ada keberagaman dan perbedanaan suku, agama, dan ras. Bahkan budaya sehingga terlihat Fakfak sangat aman, dan baik dibandingkan dengan daerah lain.

Dia menjelaskan, sebagai putra Papua di kabupaten Fakfak belum cukup bangga menjadi orang asli Papua kalau tidak mampu bersaing secara sehat disegala bidang. “Jangan bangga sebagai putra Papua kalau tidak bisa kerja,”katanya.

Dia meminta kepada seluruh anak-anak Papua agar bisa melanjutkan studi pendidikan diberbagai jenjang, baik jenjang sekolah dasar hingga ke perguruan tinggi. Hal ini dimaksudkan agar mampu menghadapi tantangan kedepan yang lebih kompleks.

“Sekolah itu penting dan tidak ada batasanya, pemerintah wajib membantu yang sekolah dan kalau tidak sekolah harus berusaha untuk sekolah,”tuturnya.

Dirinya berharap kepada seluruh masyarakat, termasuk para guru agar selalu menjaga dan memelihara budaya satu tungku tiga batu di Fakfak “Kita menjaga budaya satu tungku tiga batu sebagai budaya hidup aman sejak leluhur kita di Kabupaten Fakfak,”harapnya.

 

Sumber : www.radarsorong.com
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s