Zona Berita

Indonesia Pamer Industri Digital di ITU Telecom World 2017

itu.jpg

Sumber: Kompas.com

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) memamerkan keberhasilan industri digital Indonesia di ajang ITU Telecom World 2017 di Busan, Korea Selatan, pada 25 – 28 September 2017 ini. Ini kali pertama Indonesia membuka paviliun di acara yang telah dimulai 46 tahun lalu itu dan sejak tahun 2011 diadakan setiap tahun.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Kompas.com di Busan, Senin (25/9/2017) pagi, paviliun Indonesia seluas 300 meter persegi dan termasuk salah satu yang terbesar. Paviliun itu  menampilkan sejumlah perusahaan telekomunikasi dan startup atau perusahaan pemula di bidang industri digital seperti Telkom, Tokopedia, 1.000 Startup, Nurbaya, Tukang Sayur, Modalku, dan Cashlez.

Pihak Kemenkominfo mengatakan, Menkominfo Rudiantara akan berbicara pada acara opening session ITU Telecom World 2017 pada Senin siang atas permintaan pihak ITU. Rudiantara akan memanfaatkan kesempatan itu untuk menyampaikan pentingnya digitalisasi dan model bisnis digital menjadi solusi bagi perbaikan perekonomian dunia.

Rudiantara akan menunjukkan kesiapan dan beberapa keberhasikan Indonesia bertransisi dalam digitalisasi berbagai bidang kehidupan yang dapat menjadi percontohan bagi negara-negara lain.

ITU Telecom merupakan bagian dari ITU (International Telecommunication Union), badan khusus di bawah Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk teknologi informasi dan komunikasi (TIK) atau biasa disebut ICT. ITU Telecom World merupakan platform global bagi pemerintah, korporasi, dan usaha kecil dan menengah (UKM) dalam mempercepat inovasi teknologi informasi dan komunikasi demi pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan sosial.

Agenda dan pameran

Acara tahun ini berfokus pada mendorong pertumbuhan ekonomi digital dan pembangunan sosial ekonomi global dengan secara aktif menghubungkan UKM, pemerintah dan bisnis besar di seluruh ekosistem teknologi informasi dan komunisasi. Acara ini menyediakan sebuah platform internasional unik yang menyatukan pasar yang sudah maju dan berkembang untuk fokus pada transformasi digital yang cerdas dan peluang global yang ditawarkan.

ITU Telecom World 2017 menyatukan berbagai agenda, antara lain pameran teknologi internasional, forum berbagi pengetahuan, tempat memperluas jaringan bagi korporasi, pemerintah dan UKM, dan program pemberian penghargaan bergengsi.

 

Advertisements

Categories: Zona Berita, Zona Ekonomi

Tagged as:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s