Zona Berita

Dorong Bangun Infrastruktur, 2018 Pemerintah Berikan Rp409 Triliun

eogih.jpg

ZONADAMAI.COM – Pemerintah terus mendorong pembangunan infrastruktur. Bila dilihat dari pengajuan anggaran di dalam Rancangan Undang-Undang (RUU) Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2018, anggaran infrastruktur yang dibutuhkan sebesar Rp409 triliun.

Dalam anggaran tersebut, belanja kementerian/lembaga (K/L) dialokasikan sebesar Rp161,2 triliun, belanja non K/L Rp3 triliun, transfer ke daerah dan dana desa yang di dalamnya ada dana alokasi khusus (DAK), dana desa untuk infrastruktur dan dana transfer umum untuk infrastruktur secara total sebesar Rp182,8 triliun.

Kemudian fasilitas pembiayaan seperti likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP), Penyertaan Modal Negara (PMN) dan BLU LMAN sebesar Rp48,1 triliun. Untuk infrastruktur sosial sebesar Rp9 triliun.

“Ini jumlah besar untuk RAPBN yang masih bergulir terus dibahas. Tapi Ini menunjukkan kualitas dan dukungan bahwa pemerintah semakin baik mendukung pembangunan infrastruktur,” ujar Sekretaris Jenderal Kemenkeu Hadiyanto dalam “Seminar Nasional Pengadaan Tanah Dalam Rangka Mendukung Percepatan Pembangunan Infrastruktur”, di Gedung Kemenkeu, Jakarta, Selasa (19/9/2017).
Sebenarnya, lanjut Hadiyanto, di dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019 pembangunan infrastruktur sudah dipetakan. Total biaya yang dibutuhkan untuk menyelesaikan semua pembangunan infrastruktur di Indonesia sebesar Rp4.700 triliun.

Anggaran tersebut diperuntukkan di antaranya untuk membangun jalan baru sepanjang 2.600 kilometer (km), pembangunan 15 bandara baru, 24 pelabuhan baru, jalur kereta api baru dan berbagai pembangunan infrastruktur fisik lainnya selama 2015-2019.
“Untuk membiayai total kebutuhan biaya pembangunan infrastruktur Rp4.700 triliun, 41% atau sebesar Rp1.941 triliun dari APBN dan APBD, kemudian untuk 36,7% itu dibiayai swasta, dan 22% atau sekira Rp1.034 triliun itu dari BUMN,” tuturnya.[Okezone.com]

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s